Ranu Kumbolo Jawa Tengah di Telaga Dringo Banjarnegara Kini Mudah Dijangkau

Kompas.com - 11/10/2020, 21:01 WIB
Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. SHUTTERSTOCK / ngatmowTempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto menuturkan bahwa Telaga Dringo di Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur diprediksi bakal ramai karena sekarang mudah dijangkau.

“Ini obyek wisata sudah ada sejak lama. Tapi akses ke sana sangat tidak memadai. Alhamdulillah sebulan kemarin jalan sudah mulus,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Baca juga: Embun Upas, Sensasi Menikmati Winter di Dieng

Menurut Agung, area wisata terbagi menjadi dua. Di satu sudut, wisatawan dapat melihat indahnya telaga yang masih alami.

Sementara di sudut lain, pemandangan yang ditawarkan adalah area hutan lebat yang masih asri dan terjaga.

Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK / Ahmad H Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Kemungkinan untuk berenang tidak bisa. Tapi kalau berkemah iya. Makanya kami akan kembangkan ke arah sana, buat semacam bumi perkemahan,” tutur Agung.

Keindahan alam Telaga Dringo Banjarnegara

Mengutip Tribun Jateng, Senin (24/8/2020), Telaga Dringo dikelilingi pepohonan yang masih rimbun.

Panorama yang ditawarkan oleh tempat wisata tersebut bahkan membuat sebagian orang menyebutnya sebagai “Ranu Kumbolo” milik Jawa Tengah. Sebab, Telaga Dringo mirip dengan danau di Gunung Semeru itu.

Baca juga: Ranu Kumbolo Jadi Penghapus Lelah...

Pesona yang ditawarkan tidak hanya ada dia tempat wisata. Sepanjang jalur menuju ke sana, panorama begitu menawan.

Itu karena wisatawan akan disuguhi pemandangan kebun teh, hutan lindung yang asri, deretan bukit dan lembah, juga lahan pertanian.

Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat dari Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK / Bortolomeus Abdi W Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat dari Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X