Unik, Kampung Dukuh Yogyakarta Punya Irigasi Bersih Penuh Ikan Seperti di Jepang

Kompas.com - 26/11/2020, 16:06 WIB
Kampung Dukuh, Yogyakarta Kompas.com/Wisang Seto PangaribowoKampung Dukuh, Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kampung di Yogyakarta mulai berbenah dengan menyediakan lokasi wisata alternatif bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Salah satunya dilakukan oleh warga Warga RT 69, RW 16, Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.

Para warga di Kampung Dukuh Yogyakarta bersusah payah mengubah saluran irigasi yang kotor menjadi lokasi perikanan.

Pantauan Kompas.com saluran irigasi di Kampung Dukuh sudah terisi ribuan berbagai jenis ikan, seperti Nila, Lele, Koi, Tombro.

Awal dibentuknya lokasi perikanan tersebut dikarenakan warga merasa risih lantaran banyak sampah dan bau tidak sedap di sekitar saluran irigasi.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Sekitar Pronosutan View Kulon Progo, Yogyakarta

Kampung Dukuh, YogyakartaKompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Kampung Dukuh, Yogyakarta
Warga lalu mencoba mengajukan ke dinas terkait untuk mengambangkan saluran irigasi. Warga RT 69 lalu mengajak RT lainnya, yakni RT 62 untuk ikut mengembangkan saluran irigasi menjadi area perikanan.

Semula, pengembangan saluran tidak berjalan mulus. Pasalnya, saat itu masyarakat sekitar masih rendah kesadarannya dalam menerapkan gaya hidup bersih.

Namun secara perlahan masyarakat sekitar berubah dan peduli dengan lingkungan sekitarnya.

"Ini sudah mulai jadi lokasi wisata, sejak awal ingin tempat ini walaupun kecil bisa jadi tempat wisata atau percontohan untuk kampung lain," kata Sinta Dewi bendahara Mina Julantoro Asri, saat ditemui di lokasi, Kamis (26/11/2020).

Menariknya, kolam ikan tersebut justru menguntungkan, karena setiap dua bulan sekali ikan yang berjenis Nila dan Lele akan dipanen. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X