Jumlah Wisman ke Sumut Naik, Mayoritas dari Malaysia

Kompas.com - 02/12/2020, 10:28 WIB
Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung. Dok. ShutterstockPanorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung.

KOMPAS.com - Jumlah wisatawan mancanegara ( wisman) ke Sumatera Utara terus naik sejak Januari sampai Oktober 2020 meski masih anjlok dibanding periode sama pada 2019.

"Kunjungan wisman Sumatera Utara hingga Oktober 2020 sudah capai 23.194 orang setelah sempat kedatangannya nihil di awal pandemi COVID-19 di Sumatera Utara," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara Syech Suhaimi di Medan, Selasa (2/12/2020), seperti dilansir dari Antara.

Meski bergerak naik, kata dia, jumlah kunjungan wisman di Sumatera itu itu masih jauh dari periode yang sama 2019 yang mencapai 212.581.

Penurunan kunjungan wisman akibat pandemi Covid-19 berlangsung secara global sejak awal Februari 2020.

Baca juga: 4 Fakta tentang Halua, Si Manis dari Langkat Sumatera Utara

Pandemi Covid-19, lanjutnya, membuat wisman menunda dan bahkan membatalkan rencana perjalanan wisata mereka, termasuk ke Sumatera Utara.

Syech menjelaskan peningkatan kunjungan wisman terjadi sejak Juli walau dalam jumlah yang belum banyak.

Dari 23.194 wisman yang datang ke Sumatera Utara, kata dia, terbanyak masuk melalui Bandara Kualanamu sebanyak 20.297 orang. Kemudian dari Pelabuhan Belawan 2.611 orang dan Tanjung Balai Asahan 286 orang.

" Wisman belum ada masuk dari Bandara Silangit," katanya.

Ada pun wisman yang terbanyak datang ke Sumatera Utara, kata dia, masih tetap dari Malaysia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X