Jangan Cuma Lihat Komodo, Yuk Belajar Kebudayaan di Kampung Melo NTT

Kompas.com - 26/12/2020, 13:21 WIB
warga di kampung wisata Melo, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, NTT mementaskan tarian Kerangkuk Alu kepada tamu untuk pengembangan wisata berbasis budaya. (HANDOUT/BOPLBF) HANDOUT/BOPLBFwarga di kampung wisata Melo, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, NTT mementaskan tarian Kerangkuk Alu kepada tamu untuk pengembangan wisata berbasis budaya. (HANDOUT/BOPLBF)

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata yang paling digandrungi oleh wisatawan saat ke Flores, Nusa Tenggara Timur adalah Taman Nasional Komodo (TNK).

Sebab, TNK merupakan satu-satunya kawasan yang menjadi rumah bagi banyak reptil purba yang merupakan ikon dari Indonesia. Wisatawan pun tidak ingin melewati kesempatan untuk melihat komodo.

Kendati demikian, Travel Blogger Kadek Arini mengatakan bahwa Flores memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah menarik.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Flores

“Desa Melo, letaknya dekat Labuan Bajo sekitar 30 menit. Tapi untuk ke sana, cukup pakai kendaraan darat. Desa ini di luar TNK tapi masih dekat dengan Labuan Bajo,” ungkapnya.

Pernyatan tersebut disampaikan olehnya dalam konferensi pers virtual “Perlindungan Lengkap Jiwa dan Kesehatan yang Terjangkau”, Senin (21/12/2020).

Kadek menuturkan, suhu yang akan menyambut wisatawan di Kampung Melo cukup berbeda dengan suhu di pesisir pantai.

Hal ini karena Kampung Melo berada pada ketinggi 600 meter dari permukaan laut (mdpl) sehingga suhunya lebih dingin dan tidak memiliki udara sepanas kawasan pesisir pantai.

“Di sana kita jalan-jalan wisata budaya. Pas sampai akan disambut dengan Tarian Caci. Itu adalah tarian khas Manggarai, Flores,” ujar Kadek.

Dia melanjutkan, usai menonton tarian tersebut, wisatawan dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat sambil menikmati hasil tani yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X