Kompas.com - 26/12/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. shutterstock/Mazur TravelIlustrasi Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kini diwajibkan menjalani rapid test antigen.

Dilansir dari Antara, syarat liburan ke Karimunjawa ini untuk memastikan yang berkunjung dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19.

"Jika sebelumnya hanya rapid test biasa, maka saat ini wajib dengan rapid test antigen yang hasilnya dinilai lebih akurat untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit," kata Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Suroto di Jepara, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Karimunjawa Buka untuk Wisatawan Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Ia mengungkapkan kewajiban tes cepat antigen tersebut hanya berlaku untuk wisatawan, sedangkan warga Karimunjawa juga bisa ikut mengikuti tes cepat antigen tersebut tanpa dikenakan biaya.

Demi mencegah penularan Covid-19 meluas, maka penumpang yang hendak menyeberang ke Karimunjawa dan bukan KTP setempat wajib membawa surat bebas Covid-19 atau menjalani tes cepat antigen.

Jumlah penumpang yang diberangkatkan ke Karimunjawa hari ini (25/12) dengan Kapal Bahari Express sebanyak 248 penumpang. Beberapa penumpang di antaranya merupakan wisatawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Aktivitas Wisata di Karimunjawa Selain Snorkeling dan Diving

Tempat wisata Karimunjawa sendiri ditutup mulai 17 Maret 2020 karena dikhawatirkan terjadi penularan kasus Covid-19. Namun setelah dipastikan protokol kesehatan bisa diterapkan oleh masyarakat di Karimunjawa, kemudian dibuka untuk wisatawan umum sejak 16 Oktober 2020.

Adapun alasan dibukanya tempat wisata tersebut, karena masyarakat setempat menyatakan sudah siap dan sudah dilakukan simulasi awal dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Meskipun para wisatawan sudah mengantongi surat bebas Covid-19, para wisatawan diminta mematuhi protokol kesehatan selama di Karimunjawa karena selama ini masyarakat Karimunjawa di Kecamatan Karimunjawa sudah cukup disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.