PPKM Diperpanjang, Wisata di Karanganyar Berbasis Alam Tetap Buka

Kompas.com - 25/01/2021, 17:05 WIB
Air Terjun Grojogan Sewu yang Berada di Lereng Gunung Lawu KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAAir Terjun Grojogan Sewu yang Berada di Lereng Gunung Lawu


KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, tempat wisata yang tak punya risiko tinggi penularan Covid-19 tetap buka selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang, 26 Januari-8 Februari 2021.

“Tempat wisata yang karakternya kita nilai tidak signifikan atau tidak berisiko terhadap penularan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik, tetap buka,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Tempat wisata dalam kategori tersebut contohnya adalah yang ada di ruang terbuka, seperti wisata alam.

Termasuk juga tempat-tempat wisata di Kecamatan Tawangmangu yang terkenal sebagai salah satu kawasan wisata di Karanganyar.

Baca juga: Wisata Alam di Tawangmangu Wonder Park, Bisa Lihat Gunung Lawu

“Puncak Lawu, Sakura Hill, Lawu Park Camp yang sekarang berubah namanya jadi Embun Lawu. Lalu ada Camping Tawangmangu Wonder Park, Camping Sekipan,” papar Titis.

Aktivitas camping pun masih tetap diizinkan untuk dilakukan, walaupun ada pembatasan jam operasional tempat wisata hingga pukul 17.00 WIB.

Camping bisa, tutup itu masuknya. Kalau camping ya enggak apa-apa. Cuman kalau rombongan dengan acara khusus itu yang enggak boleh. Aktivitas camping rombongan boleh, misalnya kelompok motor atau kelompok mobil tertentu,” imbuh Titis.

Wonder Bridge yang jadi ikon Tawangmangu Wonder ParkDok. Instagram @tawangmangu.wonderpark Wonder Bridge yang jadi ikon Tawangmangu Wonder Park

Tetap dibukanya tempat-tempat wisata tersebut diharapkan bisa memberikan fasilitas untuk masyarakat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh, serta menjaga harmoni keluarga dan mengurangi tingkat kejenuhan.

Tetap peduli penanganan Covid-19

Walaupun tetap membuka tempat wisata, Titis menegaskan bahwa Kabupaten Karanganyar masih peduli terhadap penanganan kasus Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X