Warga Desa di Garut Mulai Sadar Wisata, Banyak Desa Wisata Bermunculan

Kompas.com - 26/02/2021, 10:10 WIB
Rakit yang digunakan menuju Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHRakit yang digunakan menuju Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018).

KOMPAS.com - Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut Bambang Heri Susanto mengatakan, saat ini banyak masyarakat desa di Garut mulai sadar akan pariwisata.

“Banyak sekali masyarakat di desa yang ingin membuat tempat wisata. Di Garut sudah pada sadar masyarakatnya bahwa keindahan Garut itu bisa dijadikan pendapatan mereka,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: 3 Spot Foto Instagramable di Kawasan Candi Cangkuang Garut

Saat ini, salah satu kabupaten di Jawa Barat tersebut sudah memiliki 47 desa wisata. Berdasarkan data dari Bambang, Desa Sukalaksana di Kecamatan Samarang telah dinyatakan sebagai desa wisata yang maju.

Desa yang juga disebut sebagai Desa Wisata Saung Ciburial tersebut disebutkan memiliki potensi alam, budaya, dan wisata buatan.

Selanjutnya, Desa Sukaratu di Kecamatan Banyuresmi dinyatakan sebagai desa wisata yang berkembang karena memiliki potensi alam, budaya, dan wisata buatan. Desa wisata tersebut juga memiliki wisata alam Situ Bagendit II.

Baca juga: Situ Bagendit di Garut Dikembangkan Jadi Ekowisata Berbasis Masyarakat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, 45 desa lainnya masih berstatus rintisan atau embriyo. Beberapa di antaranya adalah Desa Sindangsuka di Kecamatan Cibatu yang memiliki arung jeram dan potensi alam, wisata buatan, serta wisata minat khusus.

Ada juga Desa Samida di Kecamatan Selaawi yang memiliki potensi alam dan budaya, Desa Karangsari di Kecamatan Karangpawitan dengan potensi agrowisatanya.

Desa Sukalaksana atau yang lebih dikenal dengan Desa Wisata Saung Ciburial di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/aww).ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/aww Desa Sukalaksana atau yang lebih dikenal dengan Desa Wisata Saung Ciburial di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/aww).

Baca juga: 6 Pesona Papandayan, Gunung Api Ramah Pendaki di Barat Daya Garut

Kemudian Desa Sukanagara di Kecamatan Cisompet dengan potensi wisata religinya yang memiliki obyek wisata Tangga Sarebu Gunung Nagara di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut (mdpl).

“Garut banyakan wisata alam dan budaya, sama religinya. Di Garut juga banyak danau, air terjun ada lebih dari 20,” ujar Bambang.

Tempat wisata dalam kawasan Perhutani

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.