Kompas.com - 23/02/2021, 19:07 WIB
Pengunjung berfoto di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Sabtu (9/11/2019). Pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Nicholas Ryan AdityaPengunjung berfoto di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Sabtu (9/11/2019). Pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

BANGKA, KOMPAS.com- Negara Kepulauan Seychelles menjajaki kerja sama bidang pariwisata dengan Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Untuk memuluskan rencana itu, Duta Besar Seychelles untuk Asean Nico Barito berkunjung langsung ke Bumi Laskar Pelangi dan bertemu Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Senin (22/02/2021).

Nico mengatakan, tujuan kedatangan mereka untuk melanjutkan persahabatan yang sudah terjalin lama dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya kerja sama Letter of Intent sejak 13 Oktober 2011.

Kerja sama itu juga sejalan dengan strategi Pemerintah Indonesia untuk mempercepat pembangunan pariwisata.

Baca juga: Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

Mengingat kondisi geografis Babel yang berbentuk kepulauan seperti Seychelles, mereka pun berinisiatif untuk melakukan kunjungan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin menjajaki keberadaan Negara Seychelles untuk dapat mendukung pengembangan ekowisata di Bangka Belitung," jelas dubes negara yang bertetangga dengan Maladewa itu.

Tawaran kerja sama dengan Seychelles

Erzaldi yang menyambut langsung kedatangan rombongan tersebut mengatakan, ada berbagai kerja sama yang ditawarkan utusan khusus Presiden Seychelles itu.

Di antaranya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Babel dan mempercepat kegiatan pembangunan pada sektor pariwisata.

"Selain itu, mereka juga menawarkan kerja sama penghijauan di lahan eks tambang timah," ujarnya di Ruang VIP Bandar Udara Depati Amir.

Danau Kaolin, BelitungShutterstock Danau Kaolin, Belitung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X