Kompas.com - 26/02/2021, 15:03 WIB
Puncak Gunung Merapi pasca meletus, Jumat (1/6/2018), pukul 08.20 WIB, dilihat dari objek wisata Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, atau sekitar 8 kilometer dari puncak. KOMPAS.com/IKA FITRIANA Puncak Gunung Merapi pasca meletus, Jumat (1/6/2018), pukul 08.20 WIB, dilihat dari objek wisata Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, atau sekitar 8 kilometer dari puncak.

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi, yakni Ketep Pass telah dibuka lagi Jumat (26/2/2021) pukul 08:00 WIB.

Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Ketep Pass sekaligus Ketua Forum Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang Edwar Alfian mengatakan, dalam pembukaan tersebut pemandangan lima gunung terlihat sangat jelas.

“Dalam pembukaan ini, Ketep Pass cerah sekali cuacanya. Gunung Merapi dan Merbabu tampak jelas. Tiga gunung lainnya juga bisa dilihat yakni Gunung Sumbing, Sindoro, dan Slamet,” ungkap dia kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Menelusuri Wisata Sejarah Merapi di Ketep Pass

Dalam pembukaan kembali tempat wisata tersebut, pihak Alfian mengawalinya dengan tumpengan dan doa bersama yang turut dihadiri sejumlah pihak, termasuk Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein.

Tidak hanya itu, Ketep Pass juga membagikan hadiah kepada lima pengunjung pertama yang sudah tiba sejak jam pembukaan.

“Kami beri suvenir ke lima pengunjung tadi. Mereka dari Pati, Brebes, Kota Mungkid, Tegalrejo Magelang, sama Purbalingga,” kata Alfian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

Dia menambahkan bahwa selama Gunung Merapi masih aktif seperti saat ini, pihaknya akan berjaga dan siap siaga dalam memberikan imbauan kepada wisatawan.

Hal tersebut, tutur Alfian, dilakukan sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait aktivitas Gunung Merapi di Ketep Pass.

Dibuka berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi

Berdasarkan keterangan dari Direktur BPOW Ketep Pass Mul Budi Santoso yang Kompas.com terima, Jumat, pihak tempat wisata memutuskan untuk membuka kembali areanya berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.