Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2021, 21:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, seorang pendaki asal Kota Padang bernama Ramzi (14) terjatuh ke Lereng Cadas (dinding kawah) dan tersangkut di bebatuan di Gunung Marapi, Sumatera Barat.

Menurut informasi dalam Kompas.com, Senin (1/3/2021), Kepala Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra, mengatakan bahwa Ramzi diduga jatuh karena faktor kelelahan dan jarak pandang terbatas akibat kabut.

Baca juga: Parawisata Sumbar Mulai Pulih, Kian Banyak Pilihan Maskapai ke Sana

Jika ingin mendaki Gunung Marapi dalam waktu dekat, terdapat sejumlah tips yang bisa dicatat agar pendakian tetap aman. Apa saja?

1. Lakukan perencanaan pendakian

Robi mengatakan kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021), calon pendaki harus melakukan perencanaan sebelum memulai perjalanan.

“Rencanakan berapa lama berada di gunung, dan mempersiapkan kebutuhan logistik. Harus dilebihkan untuk kebutuhan dua hari ke depan,” ujar dia.

2. Rajin olahraga

Admin akun Instagram @marapi_singgala atau Algumara Basecamp bernama David mengatakan, hal penting lainnya yang perlu disiapkan adalah kondisi fisik yang bugar.

“Persiapan sebelum pendakian itu perlu dipersiapkan fisiknya. Pastikan kita dalam keadaan sehat atau enggak,” tutur dia kepada Kompas.com, Selasa.

Baca juga: 13 Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Pada pagi hari, biasakan untuk jogging. Sementara pada sore hari, aktivitas yang dapat dilakukan oleh calon pendaki adalah kegiatan seperti futsal atau voli agar otot tidak kaku saat mendaki.

3. Siapkan peralatan mendaki yang memadai

Selain mempersiapkan kondisi fisik, calon pendaki juga harus mempersiapkan peralatan pendakian yang memadai.

“Kalau fisik sudah oke, peralatan harus oke. Kesiapan fisik enggak bakal bisa kalau tidak dibantu dengan perlengkapan,” kata David.

Sebagai contoh, pendaki bisa sakit saat tiba di puncak jika jaket yang dibawa bukan jaket yang dapat menghangatkan tubuh.

“Mungkin pas sampai atas, tapi perlengkapan tidak lengkap. Akhirnya bikin fisik down. (Misalnya) tidak pakai sepatu gunung, di atas jadi lecet kakinya,” sambungnya.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Favorit Saat Liburan di Sumbar, Mana Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com