Kompas.com - 17/03/2021, 07:07 WIB
Homestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Borobudur. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAHomestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Borobudur.

 

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut homestay (penginapan) yang ada Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah sebagai salah satu yang terbaik dengan standar kelas dunia.

Menanggapi pernyataan Sandiaga, Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun menyebut bahwa salah satu hal yang membuat Menparekraf terkesan adalah baiknya penataan lingkungan di sekitar homestay.

“Kemarin yang membuat beliau terkesan itu adalah kebersihan tempatnya karena penataan lingkungan sekitar homestay. Terus di dalamnya fasilitasnya mungkin dianggap sudah lengkap,” kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Heli menjelaskan bahwa homestay di Balkondes yang berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini telah memiliki standar khusus di beberapa hal, termasuk soal keseragaman dalam fasilitas homestay.


Misalnya, dari segi warna cat kamar yang seragam berwarna putih. Kemudian, amenitas seperti handuk yang juga seragam bentuk serta warnanya, termasuk juga kebersihan toilet.

“Itu memang standar yang harus diterapkan semua homestay yang ada di kita. Dilihat dari warna cat, kebersihan, beliau sangat suka,” imbuh Heli.

Total jumlah homestay yang ada di bawah pengelolaan Bumdes Karangrejo adalah 22. Ada 20 homestay di Balkondes, dan dua homestay di dekat kantor desa.

Selain homestay yang ada di Balkondes, Desa Karangrejo juga memiliki banyak homestay yang dimiliki dan dikelola masyarakat desa secara pribadi.

Baca juga: Sandiaga: Salah Satu Homestay Berkelas Dunia Terbaik Indonesia Ada di Magelang

Namun, Heli memastikan bahwa homestay yang dikelola warga desa masih memiliki standar kualitas dan pelayanan yang hampir sama dengan di Balkondes. Mereka juga mengadopsi standar homestay yang sudah diterapkan oleh Bumdes.

Bedanya hanya pada tarif menginap saja. Homestay yang dikelola warga punya tarif menginap paling rendah dibandingkan dengan homestay di kantor desa atau di Balkondes.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.