Kompas.com - 18/04/2021, 16:42 WIB
Ilustrasi travelling Auzi Amazia DomastiIlustrasi travelling

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang harus meninggalkan rumahnya, seperti mudik lebaran, travelling, bahkan evakuasi saat terjadi bencana.

Apa pun alasannya, keamanan rumah tetap harus terjaga dengan baik. Cobalah untuk ikuti tips-tips berikut ini agar Anda selalu meninggalkan rumah dengan keadaan aman dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

1. Kunci semua pintu dan jendela

Sebelum Anda bepergian keluar rumah, pastikan seluruh pintu dan jendela sudah terkunci rapat. Bila perlu, ganti gembok yang biasa Anda gunakan dengan gembok lain dari baja.

Ilustrasi gembok berkarat. PIXABAY/NO-LONGER-HERE Ilustrasi gembok berkarat.

Anda juga harus memastikan seluruh sela-sela pintu dan jendela telah terkunci rapat untuk menghindari masuknya hewan ke dalam rumah.

2. Cabut gas dan peralatan listrik

Untuk menghindari kebakaran, usahakan selalu mencabut gas dan peralatan listrik saat hendak bepergian. Cabutlah gas dan jauhkan dari tempat panas.

Jika Anda berencana pergi untuk waktu yang lama, usahakan mengosongkan lemari es terlebih dahulu dan cabut listriknya, begitu Pula dengan peralatan elektronik lain.

3. Beri tahu pihak berwenang

Jika Anda ingin meninggalkan rumah untuk waktu lama, jangan lupa untuk memberi kabar pihak berwenang setempat, seperti ketua RT atau satpam. Laporkan berapa lama Anda akan meninggalkan rumah dan kapan Anda akan kembali.

Baca juga: 6 Film Netflix Bertema Travelling, Bisa Jadi Obat Kangen Liburan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X