Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 12:01 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Larangan mudik dan penyekatan di sejumlah titik perbatasan berimbas pada anjloknya kunjungan wisatawan di Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Pasalnya di masa pandemi ini, TWC Prambanan telah menerapkan kuota maksimal sebanyak 3.500 pengunjung tiap hari. Namun, saat libur Lebaran 2021, tingkat kunjungan masih jauh di bawah angka tersebut.

Direktur PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono menuturkan bahwa jumlah total kunjungan di hari pertama libur Lebaran 2021, yaitu Kamis (13/5/20221) sampai Minggu (16/5/2021) tidak lebih dari 1.500 pengunjung per harinya.

Baca juga: Sleman Zona Kuning, Candi Prambanan Tetap Buka untuk Wisatawan

Ia melanjutkan, jumlah tersebut jauh sekali jika dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada periode Lebaran di tahun 2019.

Foto dirilis Rabu (22/7/2020), memperlihatkan petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY menyemprotkan cairan disinfektan di batuan Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. Pihak pengelola dan penyedia jasa wisata di Yogyakarta mencoba kembali bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan melakukan simulasi untuk membiasakan tatanan era adaptasi kebiasaan baru.ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH Foto dirilis Rabu (22/7/2020), memperlihatkan petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY menyemprotkan cairan disinfektan di batuan Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. Pihak pengelola dan penyedia jasa wisata di Yogyakarta mencoba kembali bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan melakukan simulasi untuk membiasakan tatanan era adaptasi kebiasaan baru.

"Saat Lebaran ini kita jumlah wisatawan yang datang ke Candi Prambanan hanya berkisar 1.000-1.500 per hari. Angka ini masih jauh dibawah kuota yang kita tetapkan," kata Edy saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Bahkan, lanjut dia, jumlah itu masih di bawah kunjungan wisatawan per hari sebelum masa pandemi.

"Kalau tidak pandemi itu, musim libur lebaran begini pengunjung itu bisa sampai 20.000 per hari. Angka tertingginya itu bisa mencapai 25.000 dalam sehari," ujar Edy.

Baca juga: Bulan Puasa, Candi Borobudur dan Prambanan Tawarkan Paket Ngabuburit

Lebih lanjut, Edy menyampaikan bahwa di hari pertama Idul Fitri, Kamis (13/5/2021), terdapat 103 pengunjung.

Sementara pada Jumat (14/5/2021), terdapat 444 pengunjung. Di hari Sabtu (15/5/2021), TWC Prambanan dikunjungi sebanyak 1.164 wisatawan, atau sekitar 33 persen dari kuota maksimal kunjungan sebesar 3.500 pengunjung.

Sedangkan di hari Minggu (16/5/2021), terdapat 1.500 kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan.

Panorama Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Panorama Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan.

Ia mengatakan bahwa kunjungan tersebut didominasi wisatawan domestik. Adapun, kunjungan wisatawan pada hari Sabtu kemarin terdiri dari beberapa tipe kunjungan, seperti kunjungan reguler sejumlah 1.016 wisatawan.

Sisanya adalah pengunjung yang datang dengan fasilitas paker yang terdiri dari paket Prambanan-Ratu Boko, paket Pruputan, paket Prambanan Meals dan Prambanan-Ratu Boko Meals.

Terapkan protokol kesehatan ketat

Edy menjelaskan bahwa PT TWC telah menerapkan protkol kesehatan dan mendapat sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Syarat Berwisata ke Candi Prambanan dan Ratu Boko Saat Libur Lebaran

"Kita tentunya sudah tersertfikasi CHSE dari Kemenpar dan penerapan protokol paling utama di gerbang depan itu pengecekan suhu para wisatawan. Kalau misalkan ada yang melebihi standar suhu yang telah ditetapkan, maka tidak boleh masuk," ujar Eddy.

Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram KunoWikimedia Commons Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Dalam pelaksanaanya, PT TWC juga menerapkan registrasi ketat bagi wisatawan, seperti pemeriksaan di gerbang utama. Sejumlah petugas akan memandu pengunjung untuk mengisi daftar hadir secara online yang terdiri dari nama, alamat serta nomor telepon seluler.

Baca juga: Borobudur Tutup, Candi Prambanan dan Ratu Boko Tetap Buka Saat Libur Lebaran

PT TWC juga memberikan akses masuk khusus kepada wisatawan yang telah memenuhi syarat Wisata Sehat, yaitu sudah melakukan dan menunjukkan bukti sertifikat vaksin atau hasil negatif Test Swab/PCR/Antigen/GeNose yang masih berlaku saat tiba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com