Kompas.com - 17/06/2021, 07:30 WIB

KOMPAS.com – Taj Mahal di Agra, India, dibuka kembali mulai hari Rabu (16/6/2021) setelah sebelumnya ditutup sejak bulan April 2021 akibat kenaikan kasus Covid-19 di India.

Melansir dari AFP melalui Al Jazeera, Rabu, pembukaan tersebut bertujuan untuk menggiatkan perekonomian.

Menurut pengumuman resmi dari Survey Arkeologi India (ASI) dan situs web Taj Mahal, pembukaan kembali Taj Mahal tetap harus disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Penutupan Taj Mahal di India Diperpanjang Akibat Covid-19

Hanya 650 wisatawan yang diperbolehkan berada di dalam kawasan tersebut. Mereka juga dilarang menyentuh bagian bangunan.

Selain itu, mereka wajib memesan tiket secara daring lantaran penjualan tiket secara manual ditiadakan.

Taj Mahal Indiashutterstock.com Taj Mahal India

Perlu diketahui bahwa terdapat tujuh hingga delapan juta turis yang berwisata ke Taj Mahal tiap tahunnya. Sementara rata-rata pengunjung hariannya adalah 20.000 orang.

Baca juga: India Tutup Taj Mahal untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Uttar Pradesh, negara bagian tempat Agra berada, melaporkan adanya 270 kasus baru dalam semalam dan 56 kasus kematian. Uttar Pradesh adalah salah satu negara bagian dengan total kasus Covid-19 terbanyak.

Hari Rabu, Kementerian Kesehatan India melaporkan penambahan 62.224 kasus Covid-19 baru. Angka tersebut terbilang rendah jika dibandingkan dengan di bulan Mei yang bisa mencapai 400.000 kasus per hari.

Selain Taj Mahal, bangunan bersejarah lain, seperti Red Fort di New Delhi dan Qutub Minar, juga kembali menerima kunjungan wisatawan.

Baca juga: Di Malang, Ada Masjid yang Disebut Mirip Taj Mahal

Dibangun antara tahun 1631-1648 oleh Shah Jahan, Taj Mahal dinobatkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.