Kompas.com - 17/06/2021, 22:26 WIB
Kawasan Gunung Bromo. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawasan Gunung Bromo.

MALANG, KOMPAS.com - Animo pendaki Gunung Semeru lebih tinggi jika dibandingkan dengan kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo

Berdasarkan catatan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), kuota pendakian menuju puncak tertinggi di Pulau Jawa itu selalu penuh.

"Untuk pendakian Semeru selama Juni kuota selalu terpenuhi," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada BB TNBTS, Sarif Hidayat, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: 7 Obyek Wisata yang Tidak Boleh Dilewati di Kawasan Bromo dan Semeru

Berbeda dengan aktivitas wisata di kawasan Gunung Bromo. Jumlah kunjungan masih berkisar sekitar 40 sampai 50 persen dari kuota yang telah ditetapkan.

"Untuk (kawasan) Bromo di kisaran rata-rata perharinya 40-50 persen dari kuota 50 persen (dari total kapasitas)," katanya.

Sementara itu, aktivitas wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 akibat pandemi. Salah satunya adalah adanya batasan jumlah kunjungan wisatawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bunga edeweiss di Gunung Semeru.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bunga edeweiss di Gunung Semeru.

Sampai saat ini, kuota kunjungan yang ditetapkan adalah sebesar 50 persen dari total daya dukung kawasan.

Dengan begitu, kuota kunjungan wisatawan di kawasan Gunung Bromo dibatasi sebanyak 1.634 orang per hari. Sedangkan, kunjungan pendakian di Gunung Semeru dibatasi sebanyak 300 orang per hari.

Baca juga: Pandemi, PNBP Kawasan Bromo dan Semeru Turun Drastis Jadi Rp 6 M

Kuota kunjungan maksimal 50 persen dari daya dukung ini sudah berlaku sejak reaktivasi kawasan tahap ketiga pada pertengahan November 2020 lalu.

"Untuk kuota Bromo dan pendakian Semeru dibatasi 50 persen dari kuota normal. Kawasan Bromo maksimal 1.634 orang per hari dan Semeru maksimal 300 orang per hari," kata Sarif.

Baca juga: Aturan Booking Online Wisata Gunung Bromo yang Buka Senin 24 Mei 2021

Sementara itu, protokol kesehatan yang diterapkan di kawasan itu sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Di antaranya adalah memakai masker dan menjaga jarak fisik serta tidak berkerumun.

"Untuk prokes tetap mengacu pada SOP yang sudah disepakati," jelasnya.

Semua pengunjung wajib memesan tiket secara online di situs web resmi BB TNBTS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.