Kompas.com - 21/06/2021, 20:11 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Boyolali mengikuti langkah dua kabupaten lain di Soloraya dengan memutuskan menutup sementara semua tempat wisata.

Adapun, dua kabupaten di Soloraya yang memutuskan untuk menutup semua tempat wisata adalah Wonogiri dan Klaten.

Wonogiri sudah menutup semua tempat wisata untuk sementara mulai Rabu (16/6/2021). Untuk Kabupaten Klaten, sebelumnya tempat wisata hanya tutup pada akhir pekan. Namun, akhirnya Pemkab Klaten memutuskan menutup semua tempat wisata.

Baca juga: Hingga 28 Juni 2021, Destinasi Wisata di Jakarta Tutup Jam 9 Malam

Pemerintah pusat juga melakukan penguatan PPKM Mikro yang berlangsung Selasa (22/6/2021) sampai Senin (5/7/2021).

Diberitakan Kompas.com, Senin (21/6/2021), salah satu aturan baru tersebut adalah menutup sementara tempat wisata yang ada di zona merah.

Tempat wisata Boyolali tutup sementara

Pentupan sementara tempat wisata di Boyolali tertuang dalam Addendum Surat Edaran (SE) Bupati Boyolali nomor 300/1986/5.5/2021.

Surat berisi tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Coronavirus Disease 2019 Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Coronavirus Disease 2019 di Kabupaten Boyolali.

Umbul Pengging Boyolali, salah satunya Umbul Ngabean.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Umbul Pengging Boyolali, salah satunya Umbul Ngabean.

Salah satu poin SE tersebut adalah ketentuan angka 10 huruf f angka 4 (huruf a) yang berisi tentang penutupan semua tempat wisata di Kabupaten Boyolali.

“Penyelenggara destinasi wisata milik pemerintah maupun swasta ditutup sementara sampai dengan ditetapkannya ketentuan dapat dibukanya kembali destinasi wisata di Kabupaten Boyolalim” turis poin dalam SE tersebut.

Salah satu tempat wisata di Boyolali yang tutup adalah Kebun Raya Indrokilo. Penutupan dimulai pada Selasa (22/6/2021) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: DeSeloKaton Boyolali, Kafe dengan Panorama Gunung Merapi dan Merbabu

Adapun, Boyolali memiliki banyak tempat wisata. Selain Kebun Raya Indrokilo, ada pemandian alami atau umbul. Umbul yang paling terkenal adalah Umbul Pengging dan Tlatar.

Selain itu, destinasi wisata unggulan Boyolali ada di Kecamatan Selo. Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, beberapa tempat wisata di sana adalah Merapi Garden dan Bukit Sanjaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.