Kompas.com - Diperbarui 01/10/2021, 20:15 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul memiliki hamparan Geopark Gunung Sewu yang membentang dari sisi timur Pantai Parangtritis, Bantul, sampai Pacitan.

Kawasan geopark itu banyak pula yang menjadi tempat wisata, seperti Goa Jomlang, Gunung Api Purba Batur, dan Pantai Wediombo.

Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata itu juga menyimpan fenomena geologi yang tak kalah menarik untuk dipelajari.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Gunungkidul Terbaru, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Salah satu tempat di Gunungkidul yang menyimpan fenomena geologi adalah Kali Ngalang di Ngalang, Kepanewon atau Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat ini merupakan sungai yang ada di kawasan perbukitan. Namun, ternyata Geosite Kali Ngalang merupakan pantai purba. Peninggalannya adalah berupa pasir pantai yang sudah menjadi batu.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajahi Wisata Gunungkidul Terbaru

Hal itu menandakan bahwa pada zaman dahulu, kawasan sisi selatan Kali Ngalang merupakan lautan.

Tampak liang hewan masa lalu yang berbentuk seperti ukiran di batuan pasir pantai purba tersebut.

Rute menuju Kali Ngalang, Pantai Purba di Gunungkidul

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Kali Ngalang adalah sekitar 34 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Jika memulai perjalanan dari Tugu Jogja, kamu harus mengambil jalan memutar lewat Stasiun Tugu ke timur, melintasi Stadion Kridosono ke arah Timur, melalui Embung Langensari, dan sampai di Perempatan Demangan (XXI).

Itu karena Jalan Laksda Adisucipto hanya berlaku satu arah ke barat dari Perempatan Demangan itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.