Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 10:10 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber iPusnas

KOMPAS.com - Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang terletak di Jawa. Kerajaan yang juga dikenal dengan nama Kerajaan Medang ini berdiri pada tahun 732 Masehi (M).

Raja pertama sekaligus pendiri dari kerajaan ini bernama Sanjaya. Ia memiliki gelar sebagai Rakai Mataram.

Baca juga: Prasasti Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Dua Periode Mataram Kuno

Dilansir dari jurnal yang ditulis Sri Widiah berjudul Studi Historis Prasasti Cunggrang sebagai Sumber Sejarah pada Masa Mpu Sindok Tahun 929-947 M, Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua periode utama.

Periode pertama adalah saat ibukota Kerajaan Mataram berada di Jawa Tengah. Pada periode ini, Kerajaan Mataram dipimpin oleh dua dinasti, yaitu dinasti Sanjaya dan dinasti Syailendra.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram Kuno

Periode kedua adalah saat pusat kerajaan berpindah ke Jawa Timur. Pada masa ini Kerajaan Mataram berada di bawah kekuasaan dinasti Icana yang didirikan oleh Mpu Sindok Sri Icanatunggadewawijaya.

Perpindahan pusat kerajaan tersebut dilakukan untuk menghindari serangan dari musuh sekaligus untuk memperluas daerah kekuasaanya.

Masa awal pemerintahan Raja Sanjaya

Mengutip "Kebudayaan dan Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia" karya Anton Dwi Laksono, Raja Sanjaya merupakan pendiri sekaligus raja pertama dari Kerajaan Mataram Kuno.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid dan tim BPCB Jateng meninjau jalan makadam kuno di Situs Liyangan peninggalan era Mataram kuno, di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020).KOMPAS.com/IKA FITRIANA Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid dan tim BPCB Jateng meninjau jalan makadam kuno di Situs Liyangan peninggalan era Mataram kuno, di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020).

Kerajaan ini diperkirakan berdiri pertama kali di Desa Canggal, wilayah sebelah barat Magelang, Jawa Tengah.

Letak kerajaan dikelilingi oleh gunung-gunung besar, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta Merapi dan Merbabu.

Baca juga: Mau Mencoba Memanah Gaya Mataram Kuno? Datanglah ke Prambanan

Prasasti Canggal

Pendirian Kerajaan Mataram Kuno tercatat dalam Prasasti Canggal yang ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir di desa Canggal. Prasasti ini bertanggal 732 M.

Dalam Prasasti Canggal, diceritakan tentang pendirian lingga atau lambang Dewa Siwa di Desa Kunjarajunca oleh raja Sanjaya.

Prasasti Canggal peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Prasasti Canggal peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Prasasti ini juga disebutkan nama dari pemimpin sebelumnya yaitu Sanna. Prasasti ini menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta.

Sayangnya hingga kini belum ada catatan pasti tentang bagaimana Kerajaan Mataram Kuno didirikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber iPusnas
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com