Kompas.com - 12/08/2021, 18:39 WIB

MATARAM, KOMPAS.com -Ada lima destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat yang tengah dipersiapkan untuk masuk dalam kategori zona hijau. Jika sudah masuk dalam zona hijau, maka kelima destinasi tersebut bisa dikunjungi wisatawan di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Ada lima yang disiapkan dan Peraturan Gubernur (Pergub) sedang disusun. Sembari proses, persiapan-persiapan ke arah pembentukan zona hijau juga kita laksanakan," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Yusron Hadi di Mataram, Rabu (12/8/2021), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: NTB akan Kembangkan 16 Desa Wisata Baru

Lima destinasi wisata tersebut antara lain:

  • Gili Indah (Trawangan, Meno dan Air) di Kabupaten Lombok Utara
  • Sembalun di Kabupaten Lombok Timur
  • Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah
  • Pulau Moyo di Sumbawa
  • Tambora di Kabupaten Dompu dan Bima

Post 3 di Gunung Tambora melalui jalur Doro Ncangan. SHUTTERSTOCK/HARRY HERMANAN Post 3 di Gunung Tambora melalui jalur Doro Ncangan.

Menurut Yusron, ada sejumlah indikator dan kriteria yang harus dimiliki setiap daerah untuk menjadi zona hijau wisata.

Kariteria tersebut antara lain jumlah kasus COVID-19 yang rendah dan mudah mengontrol orang-orang untuk masuk dan keluar dari daerah tersebut.

Baca juga: Desa Tete Batu Jadi Perwakilan NTB di Lomba Best Tourism Village UNWTO 2021

Selain itu, masyarakat lokal maupun pelaku wisata harus sudah mendapatkan vaksin.

Yusron pun berharap seluruh aparat terkait mulai pemda hingga desa bekerja sama dalam menyukseskan lima kawasan tersebut sebagai zona hijau wisata.

"Masyarakat juga diimbau untuk disiplin dan taat protokol kesehatan (prokes). Selain itu, siap divaksinasi dan mendukung program pemerintah daerah menanggulangi meluasnya COVID-19 di NTB," katanya.

(Nur Imansyah/Endang Sukarelawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.