Kompas.com - 30/07/2021, 12:50 WIB
Desa Wisata Tete Batu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. dok. Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara BaratDesa Wisata Tete Batu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

 

KOMPAS.comDesa Tete Batu di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur mewakilkan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk lomba Best Tourism Village dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO) 2021.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/7/2021), Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan bahwa desa tersebut telah siap 100 persen untuk menjadi salah satu duta Indonesia dalam lomba itu.

Baca juga: NTB akan Kembangkan 16 Desa Wisata Baru

Pihaknya telah mendaftarkan Desa Wisata Tete Batu melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Sesuai ketentuan lomba Kemenparekraf atas nama pemerintah pusat, berhak mendaftar ke UNWTO,” tutur Yusron di Mataram, Kamis (29/7/2021).

Dalam persiapannya, dia mengatakan bahwa tim Kabupaten Lombok Timur telah menyiapkan beragam kelengkapan data, termasuk sejumlah film pendek yang menggambarkan daya tarik Desa Tete Batu.

Rekomendasi Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga telah disampaikan sebagai pelengkap dokumen pendaftaran, dan sebagai bentuk komitmen pemerintah NTB.

Baca juga: NTB Tengah Siapkan Zona Hijau Pariwisata

“Gubernur NTB, Bupati Lombok Timur, dan segenap pihak yang terkait mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan Menparekraf Sandiaga Uno,” jelas Yusron.

Pihaknya pun yakin Tete Batu akan menjadi wakil Indonesia di ajang bergengsi dunia itu setelah Menparekraf memerintahkan jajarannya untuk melakukan tindak lanjut.

Yusron juga berterima kasih kepada Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jamadu, yang telah mengonfirmasi dan memastikan bahwa Desa Tete Batu menjadi salah satu dari tiga utusan desa wisata untuk menjadi duta Indonesia dalam Best Tourism Village 2021.

Seputar Desa Wisata Tete Batu yang ikut lomba UNWTO

Penggagas dan Ketua Asosiasi Desa Wisata NTB Ahyak Mudin mengatakan bahwa kawasan Tete Batu pantas menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.