Kompas.com - 22/08/2021, 13:31 WIB
Penumpang kereta api berjalan setibanya dari Solo, Jawa Tengah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyampaikan, arus kedatangan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh masih terpantau kondusif di Jakarta pada Senin (17/5/2021), volume kedatangan di Stasiun Pasar Senen berkisar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar 3.500 penumpang. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang kereta api berjalan setibanya dari Solo, Jawa Tengah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyampaikan, arus kedatangan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh masih terpantau kondusif di Jakarta pada Senin (17/5/2021), volume kedatangan di Stasiun Pasar Senen berkisar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar 3.500 penumpang.

 

KOMPAS.comPT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengembalikan tiket 100 persen bagi penumpang KA Jarak Jauh (KAJJ) yang gagal berangkat karena tidak memenuhi syarat perjalanan terkait protokol kesehatan.

Menurut keterangan pers yang Kompas.com terima, Minggu (22/8/2021), Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa hal itu lantaran penumpang yang tidak memenuhi syarat perjalanan akan ditolak untuk melakukan perjalanan.

“Pelanggan yang tidak dapat memenuhi persyaratan terkait protokol kesehatan tidak diperkenankan melakukan perjalanan. Proses pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun, dan contact center 121 di nomor 021-121 paling lambat H+7,” kata dia.

Baca juga:

Adapun, PT KAI telah menerapkan peraturan bagi pelanggan KA berusia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan sejak 29 Juli 2021.

Keputusan ini sesuai dengan PPKM Darurat Level 4 di Jawa dan Bali yang berlangsung hingga 23 Agustus 2021, dan mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Syarat naik KA jarak jauh saat PPKM

Selain pelarangan sementara bagi calon penumpang berusia di bawah 12 tahun, syarat perjalanan lain yang tengah berlaku dan wajib dipatuhi adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama
  2. Merujuk pada poin 1, ada pengecualian bagi penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan penumpang tidak dapat menerima vaksin
  3. Merujuk pada poin 2, calon penumpang wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19
  4. Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR maksimal 2x24 jam, atau rapid antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.