Kompas.com - 06/10/2021, 07:09 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Kawasan Gunung Bromo kembali ditutup untuk kunjungan wisatawan, Selasa (5/10/2021).

Tempat wisata di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu ditutup lagi karena status PPKM di daerah penyangganya naik ke level 3. Hal tersebut berdasarkan asesmen Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga:

Sebelumnya, sejak 6 September 2021, kawasan Gunung Bromo dibuka secara bertahap dan terbatas seiring dengan turunnya level PPKM di daerah penyangganya, yakni Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Penutupan kembali Gunung Bromo itu disampaikan melalui surat pengumuman oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) nomor PG.29/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/10/2021 yang ditandangani oleh Plt Kepala Balai Besar, Novita Kusuma Wardani.

Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)

Penutupan kembali aktivitas wisata itu berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM level 4, 3, 2 dan 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri terbaru itu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo yang sebelumnya berada di level 2, naik menjadi level 3.

Adapun berdasarkan Inmendagri tersebut, tempat wisata di daerah dengan PPKM level 3 ditutup sementara.

"Merujuk pada diktum 1 huruf e (terkait level PPKM) dan diktum 5 huruf j (wisata tutup sementara) dalam Instruksi Mendagri no 47 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4, 3, 2 dan 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat, Selasa.

Baca juga:

Pihaknya menyediakan opsi penjadwalan ulang bagi wisatawan yang sudah telanjur memesan tiket secara online.

"Disiapkan mekanisme reschedule," katanya.

Kawasan Gunung Bromo berada di perbatasan antara Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang.

Pintu masuk menuju kawasan tersebut bisa melalui akses empat daerah itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.