Kompas.com - 08/11/2021, 18:06 WIB

 

KOMPAS.comDesa Wisata Arborek merupakan salah satu dari banyak desa wisata yang tersebar di Indonesia, dan masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat ini terbilang cukup unik karena memiliki ikon tersendiri.

“Yang terkenal di daerah itu ikonnya Arborek yakni ikan pari manta,” Ketua Pokdarwis Desa Wisata Arborek bernama Ronald Mambrasar kepada Kompas.com di Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Tak Melulu Naik Kapal, Wisata ke Raja Ampat Bisa Pakai Pesawat

Di Desa Wisata Arborek, dia mengatakan bahwa wisatawan dapat berkunjung ke dua spot untuk melihat ikan pari manta yang menjadi ikon desa wisata tersebut.

Jarak menuju dua spot di arah selatan dan timur Pulau Arborek ini adalah sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kapal cepat.

“Di arah timur ada Manta Sandy. Ada satu lagi di daerah arus namanya Manta Ridge. Karakternya beda karena Manta Sandy arusnya agak tenang, kalau di Manta Ridge itu daerah arus (kencang),” jelas Ronald.

Meski begitu, dua spot untuk menikmati pari manta tersebut menurutnya tidak bisa dinikmati semua wisatawan. Misalnya adalah Manta Ridge.

Baca juga: Perajin Anyaman di Desa Wisata Arborek Papua Barat Kehilangan Pembeli Akibat Pandemi

Letaknya yang berada di arus kencang, menurut Ronald, hanya cocok untuk dikunjungi wisatawan yang memang sudah terbiasa menyelam pada kondisi arus tersebut.

“Kalau hanya untuk fun diving dengan tenang, bisa di Manta Sandy. Di Raja Ampat ada dua jenis pari manta, yaitu manta karang dan manta oseanik,” jelas Ronald.

“Pari manta yang bisa dilihat adalah manta karang. Kalau manta oseanik dia jelajahnya di laut dalam. Seringnya di tengah laut,” sambungnya.

Suasana Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Suasana Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.