Kompas.com - 09/11/2021, 10:10 WIB
Bandara Internasional Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Airport/KLIA), Malaysia. AirAsiaBandara Internasional Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Airport/KLIA), Malaysia.

KOMPAS.com - Singapura dan Malaysia akan meluncurkan koridor perjalanan bernama vaccinated travel lane (VTL) antara Bandara Changi dan Bandara Internasional Kuala Lumpur mulai 29 November 2021.

Itu merupakan salah satu upaya membuka kembali perbatasan kedua negara tersebut secara bertahap.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengumumkan keputusan tersebut dalam pernyataan bersama setelah berbicara melalui telepon pada Senin (08/11/21).

Kedua perdana menteri mengakui bahwa Covid-19 telah mengganggu hubungan antar-manusia antara kedua negara, juga memisahkan keluarga selama berbulan-bulan.

Baca juga: Airlangga: ASEAN Bahas Kemungkinan VTL Jadi Pengganti Karantina untuk Turis

"Mengingat kemajuan signifikan yang telah dicapai kedua negara dalam memvaksinasi populasi masing-masing dan mengelola pandemi Covid-19, perdana menteri sepakat bahwa sudah waktunya untuk melanjutkan perjalanan lintas batas secara progresif antara kedua negara, dengan cara yang aman," bunyi pernyataan dari perdana menteri Singapura dan Malaysia, dilansir dari Channel News Asia.

Pernyataan juga menyebut bahwa VTL akan memungkinkan perjalanan ketika kedua negara secara bertahap membuka kembali perbatasan dengan bertanggung jawab.

Mereka juga menyeimbangkan kebutuhan untuk memulihkan ekonomi kedua negara sambil memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat dari Covid-19.

Turis yang sudah divaksin bisa lakukan perjalanan

Dengan berlakunya VTL, wisatawan yang sudah divaksinasi penuh dapat melakukan perjalanan antara Singapura dan Malaysia. Sebagai pengganti karantina atau karantina di rumah, wisatawan juga akan diminta untuk menjalani tes Covid-19.

Menurut Menteri Perhubungan S Iswaran pada Channel News Asia, VTL akan dimulai dengan enam layanan antara Bandara Changi dan Bandara Internasional Kuala Lumpur dalam sehari.

Permohonan Vaccinated Travel Pass untuk pengunjung jangka pendek dan pemegang pass jangka panjang akan dibuka pada 22 November 2021. Warga Singapura yang kembali dan penduduk tetap tidak perlu mengajukan permohonan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Singapura Batasi Kedatangan dari Indonesia

ilustrasi bandaraShutterstock ilustrasi bandara

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.