Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 11:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB tidak memengaruhi operasional Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

“Hasil paper test juga menunjukkan negatif atau tidak ada (NIL) abu vulkanik di Bandara Juanda,” kata General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar, mengutip Antara, Sabtu.

Meski demikian, dia menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait penerbangan.

Adapun beberapa pemangku kepentingan itu mencakup Kantor Otoritas Bandara, AirNav Indonesia Cabang Surabaya, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Kami juga mengantisipasi adanya penundaan atau pengalihan penerbangan yang terdampak karena peristiwa erupsi Gunung Semeru dengan menyiapkan ruang tunggu dan pengaturan penempatan parkir pesawat,” ucap Sisyani.

Baca juga:

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto juga mengatakan hal yang sama terkait Bandara Juanda yang masih beroperasi dengan normal.

Melansir Tribunnews, Sabtu, pihaknya juga akan melakukan pemantauan secara intensif terkait perkembangan erupsi Gunung Semeru.

“Terus tingkatkan koordinasi dan bersiaga dengan perkembangan aktivitas erupsi Gunung Semeru yang dapat berpotensi mempengaruhi kegiatan operasional penerbangan,” tegas Novie.

Sudah diinformasikan kepada warganet

Letusan Gunung Semeru yang tidak memberi dampak pada operasional Bandara Juanda telah diinformasikan kepada warganet.

Pihak bandara telah mengumumkannya melalui sebuah unggahan pada akun Facebook-nya pada Sabtu, dan dikonfirmasi oleh Angkasa Pura melalui sebuah unggahan dalam akun Instagram @ap_airports pada hari yang sama.

Dalam unggahan Facebook itu, pihak Bandara Juanda mengatakan bahwa hasil paper test pukul 20.00 WIB menyatakan, tidak ditemukan abu vulkanik di bandara tersebut.

“Kami informasikan bahwa Bandara Juanda tetap beroperasi secara normal melayani penerbangan,” tulis akun tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com