Kompas.com - 28/01/2022, 18:40 WIB

KOMPAS.com - Skema travel bubble atau perjalanan terbatas Indonesia dengan Singapura sudah dimulai sejak Senin (24/1/2022).

Kawasan yang dibuka adalah Lagoi, Bintan; dan Nongsa, Batam. Keduanya berada di Kepulauan Riau.

Per hari ini, Jumat, 28 Januari 2022 merupakan hari kelima sejak uji coba travel bubble dilakukan.

Bagaimana situasi terkini dan berapa wisatawan asal Singapura yang masuk ke kawasan Batam dan Bintan?

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bintan yang Wajib Dikunjungi, Ada Treasure Bay

"Sampai saat ini, karena baru hari kelima ya, sejauh pemantauan saya belum ada (wisatawan mancanegara atau wisman) yang masuk," ujar Kepada Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Ia melanjutkan, meski travel bubble sudah dimulai sejak Senin, teknis di lapangan masih dalam tahap pembahasan dengan pemerintah pusat.

"Salah satu proses yang masih berjalan seperti surat bebas visa dari Kementerian Hukum dan HAM bagi warga negara Singapura," kata Buralimar.

Kendati demikian, pihaknya sudah menyiapkan beberapa persiapan untuk menyambut wisatawan. Seperti menyiapkan petugas imigrasi, polisi, bea cukai, dan Satgas Covid-19 daerah Batam serta nasional untuk berjaga-jaga di area pelabuhan.

Baca juga:

Merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura dalam Masa Pandemi Covid-19, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi wisatawan mancanegara.

Di antaranya, wisatawan mancanegara yang masuk harus memenuhi syarat menerima dua kali vaksin dan menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam waktu 3x24 jam.

Selain itu, mereka harus memiliki asuransi 30.000 dolar Singapura (sekitar Rp 319 juta) dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta Blue Pass.

Baca juga: 13 Syarat Travel Bubble Singapura ke Indonesia yang Dimulai 24 Januari 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.