Kompas.com - 02/03/2022, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Bali diklaim sebagai destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara asal Rusia dan Ukraina

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Selasa (1/3/2022). 

Ia menambahkan, pihaknya tetap membuka peluang bagi wisman asal dua negara tersebut untuk mengunjungi Indonesia. 

"Kita terus membuka peluang bagi wisatawan dari Rusia dan Ukraina untuk berwisata di Indonesia," kata Sandiaga. 

Dua negara ini dianggap sebagai penyumbang devisa tertinggi, khususnya dari sisi lama menginap dan kualitas belanja, dengan Bali sebagai destinasi favorit. 

Baca juga:

Dengan demikian, ia mengatakan, pemerintah tidak ingin konflik antarnegara tersebut memengaruhi pemulihan pariwisata Indonesia.

Ia melanjutkan bahwa saat ini pemerintah berencana membuka penerbangan langsung dari Moskow ke Bali. 

"Kami terus berkoordinasi dengan rekan-rekan (antarkementerian), untuk mengurus rencana penerbangan Moskow - Bali atau Moskow - Denpasar, namun tentunya semua akan kita evaluasi hari ke hari," tutur Sandiaga.

Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.PIXABAY/PEGGY_MARCO Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.

Menurut Sandiaga, pasar wisman Rusia dan Ukraina memiliki potensi yang baik dari sisi pengeluaran, dan terus bertumbuh setiap tahunnya.

Kendati demikian, pemerintah juga akan berfokus mendorong angka kunjungan wisman dari negara lain yang tak kalah besar, seperti pasar wisman dari Australia.

Baca juga:

"Tentunya kita bisa melihat lagi negara-negara yang tidak terdampak (perang) seperti Australia, ini benar-benar pasar Bali nomor satu, jadi prioritas juga," terang Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani Mustafa.

Rizki menambahkan, saat ini Australia sudah buka perbatasannya, sehingga ada banyak sekali permintaan wisata dari negara tersebut yang menjadi prioritas bagi Kemenparekraf, terutama untuk pasar wisman di Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.