Kompas.com - 30/03/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia yang ingin mengenali kebudayaan Jerman tak perlu jauh-jauh terbang ke Eropa. Kamu cukup datang ke Perpustakaan Goethe Institut Jakarta.

Lokasinya berada di Jalan Sam Ratulangi 9-15, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Perjalanan saat Liburan ke Jerman

Perpustakaan Goethe Institut Jakarta tak hanya menghadirkan koleksi buku.

Ada media lainnya yang bisa membantu kamu belajar serta mengetahui seluk beluk Jerman, mulai dari DVD film, CD musik, majalah, board game, dan permainan video.

Pemakaian media di perpustakaan tidak dikenakan biaya. Namun, jika ingin meminjam media tersebut dibawa ke rumah, pengunjung yang berdomisili di Jabodetabek dapat menjadi anggota dengan biaya pendaftaran Rp50.000 per tahun.

Baca juga: Ada Hotel Sosis di Jerman, Penasaran?

Tentang Goethe Institut

Goethe Institut merupakan lembaga kebudayaan Jerman yang tersebar di seluruh dunia. Tempat ini mempromosikan pengajaran bahasa Jerman di luar negeri dan mendorong pertukaran budaya antarbangsa.

Tak terbatas pada bahasa, Goethe Institut juga memberikan gambaran menyeluruh mengenai Jerman termasuk informasi tentang kehidupan politik, sosial, dan budaya di Jerman.

Selama pandemi, perpustakaan ini terbuka untuk umum setiap Senin sampai Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Menengok Istana Pasir Tertinggi di Dunia, Ada di Jerman

Kepala Bagian Perpustakaan Goethe Institut Jakarta, Nathalie Sugondho mengatakan, berbagai informasi komprehensif mengenai Jerman dapat diperoleh pengunjung Perpustakaan Goethe Institut Jakarta.

“Proses mengenal dan memahami Jerman tak hanya melalui koleksi buku kami, tetapi juga melalui beragam media lainnya yang memungkinkan interaksi menyenangkan sesama pengunjung perpustakaan,” ujarnya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (29/03/2022).

Baca juga: Sejarah Pohon Natal, Bermula di Jerman pada Abad Pertengahan

Berikut enam aktivitas seru yang dapat dilakukan di Perpustakaan Goethe Institut Jakarta guna menyelami budaya Jerman.

1. Menikmati ribuan koleksi buku

Ilustrasi bukuThinkstock/Encrier Ilustrasi buku

Perpustakaan Goethe Institut Jakarta memiliki sekitar 5.000 koleksi buku dan majalah fisik berbahasa Jerman. Adapula versi terjemahan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Koleksi buku di perpustakaan ini mencakup novel, karya klasik, buku nonfiksi, serta buku anak dengan tema yang bervariasi. Selain itu, tersedia banyak materi aktual untuk latihan dan persiapan ujian bahasa Jerman.

Baca juga: 4 Perpustakaan Tersembunyi di Jakarta, Cocok untuk Liburan...

2. Bermain gim video

Salah satu fasilitas yang digandrungi pengunjung adalah Gaming Lounge. Di ruangan ini, pengunjung dapat memainkan berbagai gim video yang disediakan secara cuma-cuma.

Perpustakaan Goethe Institut Jakarta mempunyai beragam koleksi konsol gim terkini, mulai dari Nintendo Wii, Xbox 360, PlayStation 4, PlayStation 5, hingga HTC Vive Pro Virtual Reality (VR).

Gaming Lounge dapat diakses oleh dua orang dalam satu ruangan selama maksimal dua jam. Sebelumnya, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk menggunakan ruangan ini, melalui bit.ly/WAperpusgoethe

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Pasar Natal Nuremberg Jerman Dibatalkan Sejak PD II

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.