Kompas.com - 05/04/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadan 2022, Kereta Api Bandara (Railink) memperbolehkan penumpang untuk berbuka puasa saat berada di dalam kereta.

"Untuk jam buka puasa, kalau bertepatan sedang berada di kereta, diperbolehkan," kata Humas KAI Bandara, Diah Suryandari, kepada Kompas.com, Selasa (05/04/2022).

Baca juga: 15 Ucapan Selamat Berbuka Puasa yang Islami, Sederhana dan Bermakna

Lebih lanjut, menurutnya tidak ada batasan waktu selagi kereta masih berada di rute saat jam berbuka puasa.

"Batasan waktu nggak ada karena perjalanan dengan kereta api bandara kan tidak lama, paling lama mungkin 57 menit, namun durasinya tidak panjang," tuturnya.

Sementara terkait makanan yang diperbolehkan untuk disantap saat berbuka puasa adalah jenis makanan dan minuman ringan saja (takjil).

Diah menambahkan, bagi individu berkebutuhan khusus, yang harus mengonsumsi obat selama perjalanan, atau anak kecil yang ingin minum susu, juga diperbolehkan, asalkaan melapor kepada petugas di tempat.

"Sebetulnya makan, minum di kereta selama perjalanan di bawah dua jam, tidak diperbolehkan. Tapi jika ada kondisi khusus seperti minum obat atau minum susu pada bayi, boleh," jelas Diah.

Baca juga:

 

Meski begitu, Diah tetap mengimbau penumpang KA Bandara untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan usai berbuka puasa.

"Berbuka puasa di kereta harap tetap disiplin prokes, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan dengan tidak membuang sampah sembarangan," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.