Kompas.com - 18/04/2022, 19:47 WIB

KOMPAS.com - Dengan pelonggaran mudik Lebaran 2022 dan cuti bersama yang panjang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi akan ada Rp 72 triliun pengeluaran dari 48 juta pemudik yang berwisata.

Potensi lonjakan pengeluaran saat mudik ini ia sampaikan dalam agenda Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (18/4/2022).

“Saya lihat rata-rata pengeluaran wisatawan nusantara (wisnus) adalah Rp 1,5 juta,” ujarnya.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Diprediksi 29-30 April 2022

Angka tersebut, sambung Sandiaga, bisa berpotensi menghasilkan sekitar Rp 72 triliun pengeluaran bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jika dilihat dari 48 juta pemudik, maka ada Rp 72 triliun (pengeluaran). Angkanya bisa lebih tinggi lagi karena durasi lebaran tahun ini panjang dan waktu cutinya bisa diambah,” kata Menparekraf.

Mudik sambil berwisata

Senada, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan libur panjang Lebaran tahun ini.

Ia merincikan, mulai dari libur Idul Fitri, cuti bersama, hingga ditambah cuti tahunan. Ini menurutnya menjadi angin segar, sebab dua tahun sebelumnya masyarakat tidak diizinkan untuk mudik atau cuti bersama secara bebas.

Ilustrasi mudik bersama keluargaSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik bersama keluarga

“Sekarang liburnya dari tanggal 29 April-5 Mei 2022, boleh nambah libur lima hari kerja lagi, itu bisa diperkirakan perhitungannya,” kata Nia.

Dari durasi liburan mudik yang panjang ini, Menparekraf menjelaskan akan ada peningkatan konsumsi di berbagai sektor parekraf.

“Beberapa sektor pariwisata, makanan dan minuman, pakaian, transportasi, dan hotel, restoran, bisa mencapai 25 persen konsumsi rumah tangga,” jelas dia.

Baca juga: Masyarakat Diimbau Tidak Mudik Naik Motor Jika Waktu Tempuh 3 Jam Lebih

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.