Kompas.com - 20/04/2022, 21:15 WIB
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017) Otomania/Setyo AdiPemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2022 ini. Keputusan tersebut diprediksi akan menimbulkan gelombang pemudik, lantaran dua tahun terakhir pemerintah membatasi mudik Lebaran akibat pandemi. 

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/4/2022), total pemudik tahun ini diprediksi mencapai mencapai 79,4 juta orang, berdasarkan hasil survei Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Baca juga: 40 Juta Orang Diprediksi Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik 2022

Menariknya, separuh dari pemudik tersebut, yakni 40 juta orang, diprediksi menggunakan kendaraan pribadi. Angka tersebut terdiri dari 23 juta pemudik menggunakan mobil pribadi dan 17 juta pemudik menggunakan sepeda motor. 

Jika kamu berencana mudik menggunakan motor, ada sejumlah barang yang wajib dibawa. Tujuannya, agar perjalanan kamu lancar dan nyaman. 

Berikut 10 barang yang wajib dibawa saat mudik menggunakan motor. 

Baca juga: Mudik Naik Motor Dinilai Berisiko, Ini Alasannya

1. Jas hujan 

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani, mengatakan, setiap pemudik yang menggunakan sepeda motor wajib membawa jas hujan. Hal ini guna mengantisipasi turunnya hujan di tengah perjalanan. 

“Kita tidak pernah tahu kondisi cuaca saat di jalan, sehingga jas hujan harus selalu dipersiapkan di motor,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022). 

Ia menyarankan pemudik untuk membawa jas hujan model atasan dan bawahan terpisah. Sebaliknya, tidak disarankan menggunakan jas hujan model poncho, meskipun lebih efisien dalam pemakaian. 

2. Obat-obatan 

Barang yang wajib dibawa oleh pemudik selanjutanya adalah obat-obatan pribadi. Pemudik dapat mengonsumsi obat-obatan tersebut saat kondisi tubuh mulai lelah agar perjalanan lebih nyaman. 

Pastikan obat-obatan pribadi tersebut diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, seperti kantong tas. 

3. Perlengkapan kunci darurat

Perkakas mobil dan motorKOMPAS.com/Gilang Perkakas mobil dan motor

Agus menyarankan pemudik untuk membawa perlengkapan kunci-kunci darurat, misalnya kunci busi dan kunci pas.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan perlengkapan tersebut sudah tersedia di bagasi motor.

“Perlengkapan ini dipersiapkan jika terjadi sesuatu di jalan, pemudik bisa memperbaiki di awal sebelum dibawa ke bengkel terdekat,” terangnya. 

Baca juga: 3 Provinsi Ini Jadi Tujuan Mudik Terbanyak 2022, Ada Jawa Tengah

4. Sarung tangan dan kaus kaki cadangan 

Sarung tangan dan kaus kaki adalah perlengkapan yang wajib dipakai oleh pemudik yang menggunakan motor. Selain sebagai pelindung dari sengatan matahari, keduanya juga berfungsi sebagai alat pengaman tubuh. 

Oleh sebab itu, Agus mengimbau pemudik yang menggunakan motor untuk membawa sarung tangan dan kaus kaki cadangan. 

“Barang ini dapat digunakan apabila sarung tangan dan kaos kaki basah, sehingga perjalanan tetap nyaman dan aman,” tuturnya. 

Baca juga: Hindari Mudik 28-30 April, Diprediksi Jadi Puncak Arus Pemudik

5. Surat-surat berkendara 

Ilustrasi STNKKOMPAS.com/SRI LESTARI Ilustrasi STNK

Barang yang tidak boleh ketinggalan adalah Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kedua surat ini sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu ada pemerikasaan dari pihak berwajib. 

Pastikan SIM dan STNK diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, seperti kantung tas atau dompet. Sebaiknya, pemudik juga disarankan mengecek ulang SIM dan STNK sebelum memulai perjalanan. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.