Kompas.com - 28/04/2022, 20:08 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta resmi buka nomor aduan untuk wisatawan yang mendapatkan pelayanan tidak memuaskan oleh pelaku pariwisata di Kota Yogyakarta, seperti penipuan atau menaikkan harga secara tidak wajar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menjelaskan, Pemkot Yogyakarta sebenarnya sudah memiliki kanal resmi untuk wisatawan mengadu karena mendapatkan layanan yang tidak baik.

Namun, selama ini kanal tersebut belum dapat berjalan dengan baik, sehingga kurang dimanfaatkan wisatawan.

Baca juga: 8 Wisata di Jalur Semarang-Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Mudik

"Atas saran dari Wakil Wali Kota, tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat tim respons cepat," kata dia kepada Kompas.com di ruang Yudhistira, Kompleks Balaikota Yogyakarta, Kamis (28/4/2022).

Tim respons cepat itu nantinya bertugas untuk merespons dengan cepat keluhan-keluhan yang disampaikan oleh wisatawan atau pemudik selama di Kota Yogyakarta. Masyarakat dapat mengadu melalui nomor WhatsApp yang ada.

"Kita sudah dapat nomor cantik kami dengan nomor 081138701777. Wisatawan bisa menyampaikan informasi maupun aduan terkait kepariwisataan," katanya.

Tugu Jogja setelah renovasi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tugu Jogja setelah renovasi.

Dia menambahkan walaupun momor tersebut fokus di bidang wisata tetapi nantinya akan diawasi oleh 28 OPD terkait untuk memberikan respons cepatnya kepada wisatawan.

Wisatawan tak hanya mengirimkan keluhan melalui bentuk teks, saja tetapi juga bisa dapat menelpon langsung nomor tersebut.

Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta menyiapkan personelnya untuk merespons telepon dari wisatawan.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Akan Bentuk Tim, Tindak Pihak yang Peras Wisatawan

"Ada layanan voice call, jadi ada operator dadi Dinpar Kota Yogyakarta yang menanggapi pertanyaan yang mungkin timbul dari kanal ini," ujar Wahyu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.