Kompas.com - 28/04/2022, 21:31 WIB
ilustrasi kereta api. KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5 PURWOKERTOilustrasi kereta api.

KOMPAS.com – Dalam mudik Lebaran tahun 2022, banyak orang yang memilih bepergian naik Kereta Api Indonesia (KAI), terbukit dari tingginya jumlah tiket yang terjual. 

Kurang lebih 329.000 tiket sudah terjual untuk jadwal keberangkatan pada 22 April sampai 1 Mei 2022, seperti dikutip dari press rilis PT KAI, Kamis (28/4/2022). 

Baca juga: Cara Mudah Ubah Jadwal atau Reschedule Tiket Kereta Api secara Online

Makin padatnya penumpang kereta ternyata berimbas juga pada kurang hati-hatinya pemudik dalam menjaga barang bawaan mereka. 

"Pada periode angkutan lebaran 22 April 2022, sudah ada 25 barang bawaan yang tertinggal dan telah dimasukan ke dalam database sistem Lost and Found," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam rilis. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta telah mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found dan menyimpan seluruh barang yang tertinggal dari penumpang yang ditemukan petugas. 

Cara mencari barang yang tertinggal 

Bagi para penumpang yang kehilangan barang selama berada di dalam kereta maupun di kawasan stasiun bisa langsung melaporkannya kepada petugas. 

Penumpang yang kehilangan barang bisa melapor ke kondektur yang sedang bertugas di atas kereta ataupun petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

H-6 Lebaran 2022, para pemudik mulai padati Stasiun Pasar Senen untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya pada Selasa (26/4/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN H-6 Lebaran 2022, para pemudik mulai padati Stasiun Pasar Senen untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya pada Selasa (26/4/2022).

Selain itu, penumpang juga bisa melaporkan bahwa ada barang miliknya yang tertinggal dengan menghubungi Contact Center KAI di 121. 

Demi memaksimalkan layanan keamanan bagi para penumpangnya, petugas akan melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas kereta. 

Petugas akan melakukan pengecekan dengan lebih detail untuk kereta yang tiba di stasiun tujuan akhir dengan mengecek setiap rangkaian gerbong dan memastikan taka da barang yang tertinggal. 

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Tanpa Tes Antigen dan PCR, Jarak Jauh dan Lokal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.