Kompas.com - 06/05/2022, 20:08 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATFoto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

KOMPAS.com - Arus balik Lebaran 2022 sudah dimulai, dimana puncaknya diprediksi terjadi pada 6,7, dan 8 Mei 2022. Bagi para pemudik yang kembali dari kampung halaman perlu memperhatikan sejumlah hal agar perjalanannya aman dan nyaman.  

Perlu diketahui bahwa mudik Lebaran 2022 mencatatkan rekor tertinggi dibandingkan periode-periode Lebaran sebelumnya.

Data Jasa Marga yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022) mengungkapkan, pergerakan lalu lintas (lalin) kendaraan yang meninggalkan Jabotabek yaitu sebanyak 1,7 juta unit mulai H-10 hingga H-1 Lebaran atau 22 April hingga 1 Mei 2022.

Angka ini naik 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019, sebelum pandemi. Oleh sebab itu, pemudik perlu siasat agar perjalanannya tetap aman dan nyaman saat arus balik. 

Baca juga: Arus Balik 6 Mei 2022, One Way Tol Dimulai Pukul 14.00 WIB

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Jasa Marga Terapkan Rekayasa Buka Tutup Rest Area

Berikut tips menghadapi arus balik dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi. 

1. Balik lebih awal 

Mengutip Instagram resmi Kementerian Perhubungan, @kemenhub151, pemudik yang membawa kendaraan pribadi diimbau untuk pulang ke kota rantau lebih awal, sebelum puncak arus balik. 

Alternatif lainnya adalah kembali ke kota rantau setelah puncak arus balik. Jadwal perjalanan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan izin dari tempat bekerja masing-masing. 

Mudikers yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, diimbau untuk atur jadwal pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik,” tulis Kemenhub.

2. Beli tiket kapal ferry online 

Kemenhub mengingatkan pemudik yang menggunakan jasa layanan kapal ferry untuk membeli tiket secara online satu hari sebelum keberangkatan.

Pembelian tiket kapal ferry dapat dilakukan melalui laman web ferizy.com, aplikasi ferizy, atau pada agen resmi. 

Sejumlah kendaraan mengantre untuk memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Pengelola pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi puncak arus mudik Pelabuhan Merak akan berlangsung hingga H-2 atau 30 April 2022.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Sejumlah kendaraan mengantre untuk memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Pengelola pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi puncak arus mudik Pelabuhan Merak akan berlangsung hingga H-2 atau 30 April 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.