Kompas.com - 10/05/2022, 14:00 WIB
Ilustrasi wisatawan di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali.

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan 1,1 juta lapangan pekerjaan yang tercipta di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), pada tahun 2022.

Target tersebut ia sampaikan dalam agenda Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (9/5/2022) sore.

"Kita dalam langkah-langkah mengamankan terciptanya 400.000 lapangan kerja baru di sektor pariwisata, dan 700.000 di sektor ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

"Sehingga secara keseluruhan bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 ini," lanjutnya. 

Baca juga:

Ilustrasi UMKM makanan dan minumanDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi UMKM makanan dan minuman

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2022 mencapai 5,1 persen, tertinggi kedua setelah Vietnam di angka 5,3 persen.

Hal ini, menurutnya, menjadi suatu momentum yang harus terus dijaga sehingga pertumbuhan pada kuartal dua akan semakin membaik.

Sebagai informasi, terdapat tiga sektor ekonomi kreatif yang disebut akan mendominasi lapangan pekerjaan. Ketiganya adalah kuliner sebesar 40 persen, industri mode 18 persen, dan sektor kriya 13 persen.

Ekonomi bangkit, jumlah pengangguran juga menurun

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan ke Indonesia, pemulihan ekonomi dinilai semakin terlihat.

Hal ini juga membuat semakin terbukanya lapangan pekerjaan, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga menurunkan angka pengangguran di Tanah Air.

"Patut kita syukuri, selain kebangkitan ekonomi, pengangguran berkurang 350.000, dan ini sejalan terutama dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar dia.

Baca juga: Sandiaga Targetkan hingga 15.000 Lapangan Kerja dari Side Events G20

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.