Kompas.com - 21/05/2022, 22:05 WIB

KOMPAS.com – Saat menggelar acara pernikahan, khususnya dengan konsep tradisional Jawa, biasanya pengantin dan orangtua mereka akan mengenakan kain batik. 

Kain batik itu kerap disebut jarik dan terdiri dari beragam motif. Umumnya, jarik akan dipakai sebagai bawahan, sedangkan atasannya berupa kebaya untuk perempuan dan jawi jangkep untuk laki-laki. 

Walau tampak beragam, ternyata motif batik yang bisa digunakan untuk upacara pernikahan itu terbatas jumlahnya.

Motif batik yang biasanya dipakai pada acara pernikahan juga mengandung makna dan filosofi, sehingga diharapkan pemakainya akan memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia. 

Baca juga: 

Dosen Batik Universitas Sebelas Maret (UNS) Tiwi Bina Affanti menjelaskan, ada sejumlah motif batik yang umumnya dipakai dalam pernikahan. 

“Pada saat pernikahan biasanya pengantin mengenakan kain batik motif sido mukti, sido drajat, sido asih, sido mulyo, dan lainnya,” jelas Tiwi kepada Kompas.com, Sabtu (21/5/2022).

Batik dengan motif Slobog biasa digunakan ketika upacara pemakaman.Museum Batik Danar Hadi Batik dengan motif Slobog biasa digunakan ketika upacara pemakaman.

Selain motif tersebut, ada lagi motif lainnya yakni sido luhur, grompol, parang kusuma, dan cakar ayam. 

“Adapun orangtua pengantin biasanya mengenakan kain batik motif truntum,” tuturnya.

Motif Truntum tersebut akan dipasangankan dengan selendang, kemudian ditambahkan sabuk bermotif kendhit. 

Oleh sebab itu, calon pengantin yang ingin memakai kain batik saat acara pernikahan diimbau untuk tidak salah pilih, meski motifnya terlihat menarik. 

Baca juga:

Tiwi mengatakan bahwa dalam acara pernikahan ada motif batik yang tidak boleh dipakai, yakni motif slobog. Motif tersebut identik dengan upacara kematian.

“Saya kira kain (motif) slobog, yang biasanya untuk datang ke rumah orang meninggal, kiranya tidak diperkenankan,” ucapnya. 

Untuk diketahui, slobog merupakan sebuah motif batik yang digunakan sebagai penutup jenazah, oleh karena itu tak boleh dipakai di acara pernikahan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.