Kompas.com - 21/05/2022, 21:07 WIB

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) telah menurunkan status Indonesia ke level 1 CDC yang artinya berisiko rendah Covid-19, tepatnya sejak Senin (2/5/2022).

"Bagi yang ingin berwisata ke Indonesia, pastikan untuk selalu mendapat informasi terbaru seputar syarat vaksinasi Covid-19," demikian kutipan isi laman CDC, Sabtu (21/5/2022).

Sebelumnya pada pertengahan Februari 2022 lalu, Indonesia sempat masuk level 3 CDC, atau negara dengan tingkat Covid-19 tinggi.

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (15/2/2022), keputusan tersebut membuat wisatawan asal AS yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia harus bervaksin Covid-19 dosis penuh.

Baca juga:

Jika belum divaksinasi, maka wisatawan asal AS dianjurkan untuk menghindari kunjungan ke negara yang ada di level 3, apalagi jika tidak ada keperluan penting.

Saat ini, seiring dengan membaiknya penanganan Covid-19 di Indonesia, pemerintah juga telah mengumumkan sejumlah pelonggaran aturan perjalanan bagi wisatawan mancanegara.

Termasuk pembebasan syarat karantina, serta tes PCR dan antigen saat kedatangan, bagi pelaku perjalanan yang telah divaksinasi Covid-19 dosis kedua, atau dosis ketiga.

Sebagai informasi, saat ini tidak ada negara yang masuk ke level 4 CDC. 

Baca juga: Lucu, Ada Robot Pengantar Makanan di Bandara Amerika Serikat

Ilustrasi Times Square, New York DOK.Pixabay.com/Ahundt Ilustrasi Times Square, New York DOK.Pixabay.com/Ahundt

Level-level di CDC 

CDC memiliki beberapa level untuk mengelompokkan destinasi internasional terkait pandemi Covid-19. Level ini pun diperbarui secara berkala, berikut pembagiannya:

  • Level 1, tingkat Covid-19 di suatu negara dinilai rendah. Namun, wisatawan yang hendak bepergian ke negara tersebut tetap diimbau untuk bervaksin penuh.
  • Level 2, tingkat Covid-19 di suatu negara dinilai sedang. Wisatawan yang ingin pergi ke negara tersebut wajib bervaksin penuh.
  • Level 3, tingkat Covid-19 di suatu negara dinilai tinggi. Wisatawan wajib bervaksin penuh jika ingin bepergian ke negara level 3. Jika belum, mereka tidak dianjurkan mengunjungi negara tersebut.
  • Level 4, tingkat Covid-19 di suatu negara sangat tinggi. Wisatawan diimbau tidak bepergian ke negara tersebut. 

Baca juga: 9 Aturan Aneh di Negara Bagian Amerika Serikat, Ilmu Gaib Dilarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.