Kompas.com - 21/05/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com – Pramugari atau awak kabin bertugas melayani para penumpang di pesawat. Meski merasa terbantu, penumpang tidak harus memberikan uang tip kepada pramugari sebagai bentuk rasa terima kasih.

Adapun sebagian besar maskapai penerbangan melarang penumpang untuk memberi tip kepada pramugari, dikutip dari The Sun, Kamis (21/5/2022). Salah satu alasannya karena maskapai menilai bahwa gaji yang diberikan kepada para pramugari sudah cukup layak. 

Selain itu, pihak maskapai juga telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk para awak kabin.

Baca juga: 

Ilustrasi kabin pesawatThink Stock Ilustrasi kabin pesawat

Seorang pramugari bernama Coral Lee menjelaskan, tip penumpang "tidak cukup membantu" karena dapat menyebabkan perpecahan di antara kru pesawat. Apalagi jika pemberian tip nantinya diizinkan oleh maskapai penerbangan.

"Hal itu telah menimbulkan kontroversi besar antara pramugari yang setuju dengan kebijakan baru ini, dengan sejumlah pihak yang berpikir bahwa hal ini adalah strategi untuk membuat upah tetap rendah,” tutur Lee. 

“Belum lagi harus diperlakukan seperti pelayan dan tidak seperti seseorang yang mungkin menyelamatkan Anda dalam bahaya atau keadaan darurat,” sambungnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.