9 Tips Atasi Cemas Saat Turbulensi Pesawat, Atur Napas dan Meditasi

Kompas.com - 23/03/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Turbulensi adalah hal yang wajar terjadi saat kita naik pesawat.

Namun, sebagian orang merasakan kekhawatiran berlebih ketika mengalaminya. Jika kamu salah satunya, ada beberapa tips mengatasi kecemasan saat turbulensi atau guncangan di pesawat, yang disarankan oleh para pramugari

Baca juga:

Sebagai informasi, turbulensi merupakan kondisi saat kecepatan aliran udara berubah drastis. Hal ini membuat badan pesawat terguncang, baik guncangan ringan maupun kuat.

Melansir HuffPost, Selasa (22/03/2022), penelitian menunjukkan bahwa turbulensi adalah salah satu penyebab terbesar seseorang merasa cemas saat terbang di udara. 

Pasalnya, banyak penumpang cenderung mengkhawatirkan setelahnya akan terjadi bencana dan menganggapnya sebagai tanda pesawat akan jatuh.

Baca juga:

Tips mengatasi kecemasan saat turbulwnsi

1. Memahami fakta bahwa pesawat kuat menghadapi turbulensi

Ilustrasi seorang penumpang duduk di sebelah jendela pesawat.PEXELS/BERKALP TULPER Ilustrasi seorang penumpang duduk di sebelah jendela pesawat.

Pertama, kamu bisa mempelajari dan memahami bahwa badan pesawat telah didesain sedemikian rupa untuk bisa terbang melalui turbulensi.

“Pertama dan terpenting, pahami bahwa pesawat dirancang untuk terbang melalui turbulensi,” kata pramugari Delta Air Lines, Laura Nottingham, seperti dikutip Kompas.com dari HuffPost, Selasa (22/03/2022).

Baca juga:

Selain itu, menurutnya, penumpang harus mengetahui bahwa pilot merupakan seorang profesional yang sangat terlatih dalam menghadapi turbulensi.

Nottingham meyakini, cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah dengan memahami hal yang menyebabkannya.

Jadi, mempelajari informasi terkait turbulensi kemungkinan besar dapat menenangkan penumpang yang merasa cemas.

2. Berlatih meditasi dan pernapasan

Selanjutnya, kamu bisa berlatih meditasi dan menghidup napas dalam-dalam jika mulai merasakan kecemasan ketika berada di dalam pesawat, terutama saat turbulensi.

“Sebuah tips yang membantu saya dalam karir saya di udara adalah pernapasan lambat."

"Mempraktikkan mindfulness dengan menghirup dan mengembuskan napas secara perlahan bisa menjadi solusi. Ini membantu saya untuk tetap tenang selama turbulensi dan juga melakukan pekerjaan," kata pramugari Eastern Airlines bernama Doménica Jiménez.

Sementara, Nottingham mengatakan, meditasi singkat dapat membantu penumpang merasa lebih sadar dan nyaman selama penerbangan.

Baca juga: Jarang Disadari, 5 Etika Saat Duduk di Pesawat

Halaman:


Video Pilihan

Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.