Kompas.com - 21/05/2022, 12:01 WIB

GOLOWELU, KOMPAS.com - Bukit Porong di Desa Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sukses meraih penghargaan Creative Tourism Destination Award 2022 Kategori Youth.

Penghargaan itu diberikan kepada tempat wisata yang berhasil menyediakan wadah bagi anak muda untuk berkontribusi nyata dalam penciptaan dan pengembangan suatu tempat wisata.

Ketua pengelola Bukit Porong, Rhony Sumarno, kepada Kompas.com, Sabtu (21/5/2022), menjelaskan, alasan tempat wisata yang pihaknya kelola menang.

Baca juga: Bukit Porong di Manggarai Barat NTT Menangkan Creative Tourism Award 2022

Menurut dia, inovasi dan kreativitas pemuda desa Coal pada masa pandemi sekaligus membaca peluang pariwisata super premium Manggarai Barat membuat pengembangan Bukit Porong maksimal.

"Kami mengembangkan potensi pariwisata bukit Porong karena tempatnya sangat unik dan bisa dijangkau dari berbagai arah. Pemuda bergerak, berinovasi dengan potensi pariwisata di desa," kata Rhony, Sabtu, (21/5/2022).

Kombinasikan tiga atraksi wisata di Bukit Porong

Dalam mengembangkan Bukit Porong, Rhony mengatakan bahwa pihaknya bersama pemuda mengombinasikan semua atraksi wisata untuk menarik pengunjung.

"Konsep pengembangan daya tarik wisata Bukit Porong sudah mampu mengkombinasikan tiga atraksi wisata yaitu atraksi alam, budaya, dan buatanatau kreatif," tutur dia.

Rhony melanjutkan, strategi yang pihaknya terapkan adalah Storynomic Village Tourism atau pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, kekuatan budaya, dan kearifan lokal.

"Kami juga sudah berkolaborasi dengan salah satu travel agent Badan Dunia, yaitu Adventure Travel Trade Association (ATTA), Australia," imbuh dia.

Baca juga: Air Terjun Wae Teong Sara di Manggarai Barat NTT yang Indah dan Menyegarkan

Sebagai ingo, Pokdarwis Bukit Porong sudah berinovasi dengan berbagai macam kreativitas sederhana. Namun, mereka mampu bersaing dengan tempat wisata lain yang sudah populer di NTT.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.