Kompas.com - 23/05/2022, 06:06 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Tempat wisata Selorejo yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengalami defisit pemasukan selama pandemi Covid-19.

Pengelola tempat wisata berpelat merah itu menargetkan kunjungan wisatawan selama tahun 2022 dapat menutup kerugian yang ada.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Rurita,n pada Sabtu (21/5/2022), saat ditemui di Kota Malang beberapa waktu lalu.

"Untuk wisata tahun ini targetnya tidak ada kerugian, jadi dua tahun kemarin waktu pandemi tahun 2020 dan 2021 kami mengalami defisit, negatif beberapa ratusan juta rupiah," kata Raymond.

Meski begitu, pihaknya tidak pernah melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap 43 pegawainya selama pandemi berlangsung. Hal ini karena dia optimistis, pada tahun ini, kegiatan usaha pariwisata dapat kembali bergeliat.

Baca juga:

Kondisi itu dibuktikan dengan kunjungan wisatawan selama momen libur Lebaran 2022 dan hari raya Waisak 2022. Saat itu, hampir setiap harinya rata-rata ada sekitar 3.000 hingga 4.000 orang yang berkunjung ke tempat wisata Selorejo.

"Harapannya ada peningkatan di momen liburan selanjutnya, kalau dulu sebelum pandemi bisa diangka 5.000 sampai 7.000 orang tapi sebetulnya kita sudah gembira orang sudah wisata," katanya.

Dia berharap, antusiasme masyarakat untuk berwisata terus meningkat seiring dengan terkendalinya kasus Covid-19. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Malang Raya bukan hanya mengandalkan sektor pertanian saja tetapi juga wisata.

"Kita bersyukur pemerintah mengizinkan melakukan kunjungan wisata bagi masyarakat dan ini karena level PPKM yang di Malang Raya sudah terkendali, sehingga 2022 saat yang tepat kembali bersi gerak dan semoga usaha pariwisata berkembang bergerak dan masyarakat bisa datang ke tempat wisata mau menikmati fasilitas yang ada dan harapannya tidak ada kerugian," ungkapnya.

Pihaknya juga mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan menggandeng beberapa komunitas untuk berwisata di tempat wisata Selorejo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.