Kompas.com - 23/05/2022, 08:56 WIB

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura (AP) I telah melayani 3.423.836 penumpang dan 35.256 pergerakan pesawat selama bulan April 2022 di 15 bandara kelolaannya. 

Sebagai perbandingan, pada bulan April 2021, tercatat 2.682.433 penumpang dan 38.886 pergerakan pesawat. Maka, terdapat pertumbuhan sebanyak 28 persen untuk pergerakan penumpang, tetapi ada penurunan 9 persen untuk pergerakan pesawat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan bahwa pihaknya kembali memperoleh catatan positif terkait jumlah penumpang jika dibandingkan antara bulan April 2022 dengan April 2021. 

"Hal ini tentu saja merupakan imbas dari kepercayaan diri masyarakat yang semakin pulih, setelah selama dua tahun ke belakang perjalanan orang melalui transportasi udara dapat dikatakan sangat terbatas karena terdampak pandemi Covid-19," tuturnya, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga:

Ilustrasi wisatawan mancanegara yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, Jumat (4/3/2022).Dok. PT AP I Ilustrasi wisatawan mancanegara yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, Jumat (4/3/2022).

Selain itu, lanjutnya, jumlah penumpang yang terus mengalami peningkatan juga disebabkan faktor implementasi aturan perjalanan udara yang semakin longgar. 

Ia optimistis, pemberlakuan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 56 dan SE Kementerian Perhubungan Nomor 58 akan semakin meningkatkan trafik penerbangan di Indonesia. 

Adapun SE Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022 mengatur Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sedangkan, SE Kemenhub Nomor 58 Tahun 2022 mengatur Petunjuk Pelaksaanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.