Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2022, 18:03 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Pesisir selatan Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi, terutama untuk para pemburu matahari terbit (sunrise).

Sambil berjalan kaki, wisatawan bisa menikmati panorama sunrise dan melepas penat di sejumlah tempat, di antaranya Pantai Borong, Pantai Lia Mbala, Pantai Cepi Watu, Muara Wae Bobo, Waereca, Waelaku Waewole, Waelengga dan Waemokel, Bukit Pocondeki, serta Bukit Komba.

Adapun pengalaman berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sunrise disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Bonifasius Hasudungan.

Baca juga:

Hasudungan berolahraga jalan kaki dari kompleks Golokarot, Kelurahan Ranalona, Kecamatan Borong, menuju pinggir Muara Wae Bobo. 

"Saya berhenti sejenak untuk menikmati sunrise yang menyentuh air Kali (Sungai) Wae Bobo," katanya kepada Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Untuk diketahui, Kali Wae Bobo merupakan kali terbesar di tengah Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur.

Baca juga: Wisata Flores, Senja di Pantai Borong dan Nangalanang Manggarai Timur

Wisata olahraga dengan berjalan kaki di pesisir selatan Manggarai Timur, tepatnya di Pantai Borong, Matim, NTT, Rabu, (8/6/2022). (KOMPAS.com/DOK SEKDA MATIM-BONIFASIUS HASUDUNGAN)KOMPAS.com/DOK SEKDA MATIM-BONIFASIUS HASUDUNGAN Wisata olahraga dengan berjalan kaki di pesisir selatan Manggarai Timur, tepatnya di Pantai Borong, Matim, NTT, Rabu, (8/6/2022). (KOMPAS.com/DOK SEKDA MATIM-BONIFASIUS HASUDUNGAN)

Kemudian, Hasudungan meneruskan perjalanannya di pinggir Pantai Borong, lalu mendaki sampai di pinggir Pantai Lia Mbala.

"Dari arah bukit itu, saya memotret Dermaga Borong dan Kota Borong," tambahnya.

Menurutnya, hutan mangrove di muara Kali Wae Bobo sangat indah. Ia pun memotret pemandangan sunrise di tempat tersebut. 

Ia juga memiliki gagasan untuk menjadikan jalan tersebut sebagai jalan bebas kendaraan bermotor (car free day) pada hari-hari tertentu, dari pukul 05.00 Wita hingga 10.00 Wita. Namun, ia masih harus mendiskusikannya dengan Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas.

Baca juga:

Wisatawan mancanegara mulai terlihat di Manggarai Timur

Berdasarkan pengamatan Kompas.com dalam beberapa minggu ini, wisatawan mancanegara (wisman) terlihat sudah mulai mengunjungi obyek wisata di Manggarai Timur. Mereka mengunjungi Pantai Cepi Watu dan beberapa obyek wisata lainnya.

Adapun pantai-pantai di pesisir selatan Manggarai Timur terletak tak jauh dari Jalan Negara Transflores dari Labuan Bajo-Ruteng-Borong sampai ke bagian timur, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: 12 Pantai di Manggarai Timur NTT, Cocok Dikunjungi Saat Libur Panjang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+