Kompas.com - 08/06/2022, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Riset Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 menunjukkan bahwa semakin banyak wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata selama bulan Ramadhan.

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (8/6/2022), seperti tertulis dalam laporan Mastercard-CrescentRating Ramadan Lifestyle baru-baru ini, muslim sebenarnya secara umum tidak suka berwisata selama Ramadhan.

Namun, terdapat beberapa pertumbuhan perjalanan wisata saat Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, tepat sebelum pandemi Covid-19 melanda. Sayangnya, pandemi sempat menghambat pertumbuhan tersebut.

Baca juga: WNI di Mekkah Ungkap Masjidil Haram Kembali Ramai Saat Ramadhan  

Minat muslim bepergian saat Ramadhan akan meningkat

Menurut riset GMTI 2022, tren muslim yang melakukan perjalanan wisata saat Ramadhan akan kembali meningkat dalam beberapa tahun ke depan. 

Beberapa kunci pendorong yang berkontribusi terhadap peningkatan jumlah muslim yang bepergian selama Ramadhan, di antaranya karena melakukan umrah, menghabiskan waktu Ramadhan bersama keluarga, dan keinginan merasakan Ramadhan di negara lain serta merasakan kondisi cuaca ekstrem.

Makkah, Arab SaudiDok. VISITSAUDI.com Makkah, Arab Saudi

Baca juga: 9 Negara dengan Durasi Puasa Ramadhan Terpanjang di Dunia

Ramadan Destination Index (RDI) yang diterbitkan dalam Ramadan Lifestyle Report, menunjukkan dampak dari perubahan waktu Ramadhan di hampir 70 destinasi yang merupakan bagian teratas di peringkat GMTI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun indeks tersebut bertujuan untuk menyediakan destinasi dan bisnis dengan strategi yang efisien, guna menarik dan melayani wisatawan muslim saat Ramadhan selama 15 tahun ke depan.

Misalnya, dengan proyek perluasan kedua masjid suci di Mekkah dan Madinah, serta  penyebaran teknologi state-of-the-art oleh Arab Saudi, hal itu akan bisa memunculkan lebih banyak peziarah pada masa depan.

Sehingga, perjalanan haji dan umrah bisa meningkat pesat selama beberapa tahun yang akan datang. 

Baca juga: Malamang, Tradisi Minangkabau untuk Kebersamaan Jelang Ramadhan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.