Kompas.com - 14/07/2022, 17:29 WIB

KOMPAS.com - Kota Vatikan merupakan negara terkecil di dunia. Menurut World Population Review, daftar negara terkecil ditentukan berdasarkan jumlah populasi atau luas wilayah keseluruhan.

Namun, urutan di satu daftar dan daftar lainnya bisa saja sedikit berubah, tergantung pada data statistik yang dipilih.

Baca juga: Bali Masuk 50 Tempat Terindah di Dunia 2022 Versi Time

Area keseluruhan dan jumlah populasi sering kali tak terlalu berkaitan.

Negara yang memiliki luas wilayah lebih besar memang relatif bisa menampung orang lebih banyak. Namun, ada banyak faktor yang menentukan apakah daerah tersebut juga akan ditempati oleh banyak penduduk.

Beberapa faktornya seperti jenis dan iklim lahannya, serta tingkat perkembangannya.

Oleh karena itu, negara dengan luas wilayah besar tak selalu memiliki populasi yang besar. Sementara, negara dengan luas wilayah kecil bisa saja memiliki jumlah penduduk yang mengejutkan.

Monako, misalnya, meski secara luas wilayah merupakan negara terkecil kedua di dunia, namun jumlah penduduknya terbilang padat. Dengan jumlah penduduk sekitar 39.250, Monako menempati urutan ketujuh negara dengan populasi paling sedikit di dunia.

Baca juga: 10 Negara dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi di Dunia

Sementara Kota Vatikan sebagai negara terkecil di dunia hanya memiliki luas 0,49 Kilometer persegi. Secara populasi, angkanya juga paling kecil dibandingkan dengan negara-negara lainnya, yakni 800 penduduk.

Angka ini jauh dibandingkan dengan negara lainnya yang juga masuk dalam daftar negara terkecil di dunia, misalnya Nauru (10.876 penduduk), Tuvalu (11.931 penduduk), dan Palau (18.169 penduduk).

Berikut 10 negara terkecil dunia secara luas wilayah, menurut World Population Review:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.