Kompas.com - 15/07/2022, 22:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Media fesyen Jepang, Tokyo Fashion menyoroti sekaligus mengapresiasi fenomena Citayam Fashion Week. 

Fenomena ini mengacu pada sekelompok remaja dari berbagai kota penyangga DKI Jakarta yang berkumpul dengan busana nyentrik di kawasan Terowongan Kendal dan Stasiun BNI City, Jakarta Selatan. Para remaja tersebu bergaya bak model profesional di setiap sudut kawasan tersebut. 

Baca juga: Ramai Soal Remaja Citayam Nongkrong di Sudirman, Ada Apa Saja di Sana?

Kawanan Remaja Ini Ingin Jadi Percontohan Model Outfit bagi Remaja yang Nongkrong di Terowongan Kendal, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Kawanan Remaja Ini Ingin Jadi Percontohan Model Outfit bagi Remaja yang Nongkrong di Terowongan Kendal, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Mengutip Kompas.com (15/7/2022), Tokyo Fashion mengapresiasi anak-anak muda Indonesia yang bergaya ala catwalk di jalanan Jakarta. Apresiasi itu disampaikan dalam utas Twitter, @TokyoFashion pada Senin (11/7/2022). 

Tokyo Fashion bahkan meminta sejumlah situs dan akun street snap Indonesia mendokumentasikan dan mendukung mereka. Selain itu, Tokyo Fashion membandingkan kemunculan Citayam Fashion Week dengan kelahiran street fashion Harajuku di Distrik Shibuya, Tokyo. 

Tokyo Fashion menuturkan, kehadiran street fashion Harajuku dulunya dianggap nyeleneh serta tidak dihargai oleh masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu, gaya Harajuku pelan-pelan diterima masyarakat setempat. 

Baca juga: Citayam Fashion Week Diapresiasi Media Jepang, Bandingkan dengan Kelahiran Harajuku

Lantas, apa itu street fashion Harajuku yang awalnya mirip dengan Citayam Fashion Week? Berikut faktanya seperti dihimpun oleh Kompas.com

1. Harajuku nama kawasan 

Walaupun identik dengan gaya berpakaian street fashion, sebenarnya Harajuku merupakan nama kawasan di Jepang. Mengutip dari situs Japan National Tourism Organization (JNTO), Harajuku merupakan sebuah nama distrik atau kawasan di sekitar Stasiun Harajuku, yang berada antara Shibuya dan Shinjuku, pada jalur kereta Yamanote.

Baca juga: 3 Jalur Wisata di Harajuku Tokyo yang Wajib Dikunjungi

Takeshita Street di Harajuku, Tokyo, Jepang.SHUTTERSTOCK / By MADSOLAR Takeshita Street di Harajuku, Tokyo, Jepang.

Kawasan Harajuku dipenuhi dengan deretan butik dan toko fesyen yang menjual koleksi pakaian tren terbaru. Selain itu, terdapat restoran dan kafe sepanjang kawasan Harajuku yang merupakan tempat nongkrong anak-anak muda Jepang.

Surga mode ini berpusat di Jalan Takeshita Dori atau Jalan Takeshita. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.