Kompas.com - 15/07/2022, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang semester pertama tahun 2022, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah dikunjungi hingga lima juta wisatawan, berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.

Kunjungan tersebut mencakup 13 kabupaten/kota, dengan 5.294.042 wisatawan Nusantara dan 21.915 wisatawan mancanegara.

Baca juga:

"Tingginya tingkat kunjungan wisatawan di (tahun) 2022 tidak lepas dari keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mengendalikan penyebaran kasus Covid-19 dan pelonggaran penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, dikutip dari Antara, Jumat (15/7/2022).

Ia melanjutkan, dalam beberapa tahun belakangan selama pengetatan protokol kesehatan akibat pandemi, jumlah kunjungan wisatawan lebih sedikit dibanding saat ini.

Baca juga: Serba-serbi Banjarbaru, Ibu Kota Baru Kalimantan Selatan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Berdasarkan data pada tahun 2020 dan 2021, rata-rata hanya hingga tujuh juta wisatawan yang sebagian besar merupakan wisatawan Nusantara.

Syafruddin melanjutkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Selatan dapat mencapai 10 juta orang atau lebih usai tahun 2022, dengan syarat tren pandemi tetap menurun.

"Ya, paling tidak sama dengan waktu sebelum pandemi, sekitar 10 juta lebih kunjungan untuk wisatawan lokal," katanya.

Baca juga:

Kalimantan Selatan memiliki beragam tempat dan aktivitas wisata yang sayang dilewatkan, di antaranya Desa Wisata Kubah Basirih dan Goa Batu Hapu.

Untuk oleh-oleh, wisatawan bisa membeli kain sasirangan yang merupakan kain adat suku banjar, dikutip dari Kompas.com, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Cerita Menarik di Balik Masjid Tertua di Kalimantan Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.