Ramayana Terrace, Saksi Peresmian Hotel Bintang 5 Pertama di Indonesia

Kompas.com - 06/08/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Saat melintasi Jalan MH Thamrin di Jakarta Pusat, mungkin masyarakat sempat melihat bangunan berbentuk kubah yang diapit gedung-gedung bertingkat. Bangunan tersebut bernama Ramayana Terrace atau Pelataran Ramayana.

Ramayana Terrace merupakan saksi bisu peresmian hotel bintang lima pertama di Indonesia pada tahun 1962, yang kini dikenal sebagai Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Seputar Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

"Ramayana Terrace adalah tempat di mana hotel ini dibuka pada saat itu dengan Presiden Soekarno," kata Director of Marketing and Communications Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Aullianty Fellina, kepada Kompas.com saat acara Wondrous 60th Anniversary Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Bangunan Ramayana Terrace berada di area outdoor (luar ruangan), dikelilingi pintu kaca serta kolam. Pengunjung juga bisa melihatnya ketika memasuki lobi hotel, atau ketika memasuki salah satu lobi dari East Mall Grand Indonesia. 

Baca juga: Cerita di Balik Menu Bubur Ayam Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Lukisan mozaik di dinding Ramayana Terrace di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (5/8/2022).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Lukisan mozaik di dinding Ramayana Terrace di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Aullianty menambahkan, semua peralatan makan yang digunakan saat peresmian hotel ini masih tersimpan dengan baik.

"Semua barang-barang makanan, piring, cutleries, yang dulu dipergunakan untuk acara pembukaan juga masih kita taruh di Heritage Room," ujarnya.

Hingga kini Heritage Room masih dibuka untuk tamu yang ingin mengetahui sejarah hotel tersebut. 

Jika memasuki bangunan Ramayana Terrace, pengunjung akan disambut oleh karya seni berupa lukisan mozaik berangka tahun 1961.

Lukisan tersebut berada di dinding atas, dan menggambarkan sejumlah penari di Indonesia.

Baca juga: Sepotong Sejarah Hotel Indonesia, Dibangun Karena Asian Games

Ramayana Terrace, bagian dari diplomasi Indonesia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dilansir dari laman resminya, selain sebagai tempat peresmian hotel, Ramayana Terrace juga menjadi tempat digelarnya beragam acara oleh Presiden Soekarno.

Salah satunya makan malam kenegaraan sekaligus menyambut sejumlah pemimpin negara. 

Selanjutnya, pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, tempat ini juga menjadi lokasi makan malam antara Presiden dengan Ratu Juliana dari Belanda. Acara ini bertujuan memperbaiki hubungan antara kedua negara usai masa penjajahan.

Saat ini Ramayana Terrace berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara, mulai dari pernikahan hingga acara-acara perusahaan.

Baca juga: 5 Memorabilia Hotel Indonesia 1962 yang Bisa Dilihat sampai Sekarang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.