Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 06:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh mobil kepresidenan Republik Indonesia dari masa ke masa berjajar rapi di lobi selatan Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Pameran bertajuk "Indonesia Menjawab" ini adalah rangkaian kegiatan selama bulan kemerdekaan, yang dapat diakses gratis untuk masyarakat umum dan bisa dikunjungi sesuai jam operasional Sarinah, yakni pukul 08.00-20.00 WIB.

Baca juga: Lihat Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Mampir ke Sarinah

Ketujuh mobil tersebut pernah digunakan sejak era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Arum, pengunjung yang berasal dari Ciputat, Tangerang Selatan, mengatakan, dirinya cukup antusias datang ke pameran mobil ini karena melihat unggahan Insta Story yang berseliweran di beranda media sosialnya.

Baca juga: 11 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus dari Berbagai Daerah di Indonesia

Adapun dari ketujuh mobil yang terparkir, Buick-8 dari era Presiden Soekarno adalah yang paling menyita perhatian Arum karena keunikan desainnya.

Seorang anak berpose di depan Buick-8, mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang digunakan oleh Presiden Soekarno.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Seorang anak berpose di depan Buick-8, mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang digunakan oleh Presiden Soekarno.

Memang, sejauh pantauan Kompas.com, mobil Buick-8 buatan Amerika Serikat keluaran tahun 1939 itu cukup sering dikerumuni pengunjung. Entah sekedar melihat-lihat atau sampai mengabadikan gambar bersama mobil presiden pertama RI tersebut.

"Yang paling menarik perhatian mobilnya Bung Karno karena klasik dan bersejarah banget, bentuknya juga beda sama yang lain," kata Arum kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: 5 Fakta Istana Kepresidenan Yogyakarta, Tempat Jokowi Shalat Id

Sedangkan Ryan, pengunjung lain yang berasal dari Lebak Bulus, paling terkesan dengan Mercedes-Benz S-280 keluaran 1980 yang pernah digunakan sebagai mobil dinas Presiden Soeharto.

Daya tarik mobil tersebut menurutnya adalah dari segi desain dan nilai sejarahnya.

"Kalau yang modern kan sudah biasa. Selain mobil Bung Karno, mobil Pak Harto ini bersejarah juga, desainnya bagus," kata Ryan saat ditanyai Kompas.com, Senin.

Baca juga: Rute ke Istana Gebang Blitar, Rumah Presiden Soekarno Saat Remaja

Didominasi oleh Mercedes-Benz

Dari ketujuh mobil yang dipamerkan, ada empat mobil pabrikan Mercedes-Benz dari berbagai seri yang mendominasi.

Mobil Mercedes Benz Sedan S-600 Guard keluaran 2008 yang pernah digunakan oleh Presiden SBY dan Presiden Jokowi. Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Mobil Mercedes Benz Sedan S-600 Guard keluaran 2008 yang pernah digunakan oleh Presiden SBY dan Presiden Jokowi. Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Termasuk Mercedes-Benz S-Class W-126 buatan tahun 1982 yang pernah digunakan oleh Soeharto, BJ Habibie, dan Gus Dur.

Kemudian ada pula Mercedes-Benz S-280 keluaran 1980, yang pernah digunakan oleh Soeharto, Tien Soeharto, BJ Habibie, dan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Baca juga: Selain Soekarno, Ini 3 Presiden Indonesia yang Lahir Bulan Juni

Selanjutnya, Mercedes-Benz S-Class W140 buatan 1998 yang pernah digunakan sejak era Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sementara mobil terbaru pada pameran adalah yang pernah digunakan oleh SBY dan Jokowi juga berasal dari Mercedez-Benz, keluaran 2008, tipe sedan S600 Guard.

Sedangkan ketiga mobil lainnya adalah Cadillac Fleetwood Brougham dan Buick-8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com