Kompas.com - 16/08/2022, 06:04 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh mobil kepresidenan Republik Indonesia dari masa ke masa berjajar rapi di lobi selatan Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Pameran bertajuk "Indonesia Menjawab" ini adalah rangkaian kegiatan selama bulan kemerdekaan, yang dapat diakses gratis untuk masyarakat umum dan bisa dikunjungi sesuai jam operasional Sarinah, yakni pukul 08.00-20.00 WIB.

Baca juga: Lihat Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Mampir ke Sarinah

Ketujuh mobil tersebut pernah digunakan sejak era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Arum, pengunjung yang berasal dari Ciputat, Tangerang Selatan, mengatakan, dirinya cukup antusias datang ke pameran mobil ini karena melihat unggahan Insta Story yang berseliweran di beranda media sosialnya.

Baca juga: 11 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus dari Berbagai Daerah di Indonesia

Adapun dari ketujuh mobil yang terparkir, Buick-8 dari era Presiden Soekarno adalah yang paling menyita perhatian Arum karena keunikan desainnya.

Seorang anak berpose di depan Buick-8, mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang digunakan oleh Presiden Soekarno.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Seorang anak berpose di depan Buick-8, mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang digunakan oleh Presiden Soekarno.

Memang, sejauh pantauan Kompas.com, mobil Buick-8 buatan Amerika Serikat keluaran tahun 1939 itu cukup sering dikerumuni pengunjung. Entah sekedar melihat-lihat atau sampai mengabadikan gambar bersama mobil presiden pertama RI tersebut.

"Yang paling menarik perhatian mobilnya Bung Karno karena klasik dan bersejarah banget, bentuknya juga beda sama yang lain," kata Arum kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: 5 Fakta Istana Kepresidenan Yogyakarta, Tempat Jokowi Shalat Id

Sedangkan Ryan, pengunjung lain yang berasal dari Lebak Bulus, paling terkesan dengan Mercedes-Benz S-280 keluaran 1980 yang pernah digunakan sebagai mobil dinas Presiden Soeharto.

Daya tarik mobil tersebut menurutnya adalah dari segi desain dan nilai sejarahnya.

"Kalau yang modern kan sudah biasa. Selain mobil Bung Karno, mobil Pak Harto ini bersejarah juga, desainnya bagus," kata Ryan saat ditanyai Kompas.com, Senin.

Baca juga: Rute ke Istana Gebang Blitar, Rumah Presiden Soekarno Saat Remaja

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.