Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 19:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi, termasuk diskusi, dinilai sebagai salah satu kunci terkait upaya konservasi dan pemulihan ekonomi di Labuan Bajo, sehubungan dengan penerapan tarif masuk baru Rp 3,75 juta ke Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), per 1 Januari 2023.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pihaknya membuka peluang masukan dan dialog agar terciptanya diskusi yang efektif.

Baca juga:

"Jadi tidak ada lagi yang mendisrupsi operasi pariwisata dan ekonomi kreatif, namun memang harus kita jelaskan secara rinci karena ternyata beberapa isu yang timbul itu karena masalah komunikasi," jelasnya dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (15/8/2022).

Ia melanjutkan, dalam pola perbaikan komunikasi publik, semua pihak dinilai mendukung dan memahami apa yang menjadi landasan utama peningkatan aspek kualitas dan berkelanjutan di destinasi wisata tersebut.

"Ternyata, memang dengan komunikasi yang lebih baik kita bisa menyampaikan niat kita sesuai arahan Presiden untuk upaya konservasi dan pemulihan ekonomi dilakukan secara beriringan," tuturnya. 

Baca juga: Mempersoalkan Skema Bisnis PT Flobamor di Taman Nasional Komodo

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (9/8/2022), tarif masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar di Taman Nasional Komodo yang sebesar Rp 3,75 juta ditunda hingga 1 Januari 2023. Awalnya tarif itu akan diterapkan mulai 1 Agustus 2022.

Penerapan tersebut mengundang tanggapan yang beragam, termasuk protes dari para pelaku wisata setempat.

Sandiaga menjelaskan, penundaan tersebut berdampak positif terhadap pariwisata di Labuan Bajo. Salah satunya juga berkat Festival Golo Koe di Labuan Bajo pada 8-15 Agustus 2022.

Baca juga: Pelaku Wisata Demo Tarif Pulau Komodo, Menparekraf Ajak Diskusi

"Setelah kita tunda selama seminggu lebih, akhirnya alhamdulilah aktivitas berwisata di Labuan Bajo sudah Kembali normal dan Festival Golo Koe di Labuan Bajo di 8-15 agustus 2022 ini telah menumbuhkan pariwisata," katanya.

"Kita akan buka peluang untuk dialog (dengan) pelaku pariwiwsata dan kita akan dengarkan, mencatat, dan menampung semua keluhan dan masukan agar transisi menuju tarif baru 1 Januari 2023 bisa berlangsung mulus. Kita pastikan solusi terbaik dalam upaya konservasi dan pemulihan ekonomi secara beriringan," imbuhnya.

Baca juga: Pengunjung Pulau Komodo Harus Scan QR Code INISA, Ini Caranya

Uji coba tarif baru TN Komodo akan dilaksanakan jelang 1 Januari 2023

Ilustrasi komodo di Taman Nasional Komodo.WIKIMEDIA COMMONS/YULISEPERI2020 Ilustrasi komodo di Taman Nasional Komodo.

Sandiaga mengungkapkan, terdapat rencana uji coba sebelum tarif baru masuk Taman Nasional Komodo seharga Rp 3,75 juta itu diterapkan.

"Kita ingin sebelum diberlakukan (tarif baru) itu, akan ada trial atau uji coba, sehingga memberikan kesempatan para stakeholders (pemangku kepentingan) mencoba sistem baru ini," katanya.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya akan menyiapkan uji coba tersebut, dan mengumumkannya sebelum 1 Januari 2023.

Baca juga: Wisata ke TN Komodo Diharapkan Tak Sekadar Mementingkan Kuantitas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com